Ads

Topik Trending atau Abadi? Stable Visitors or Instant Traffic?

Alasan dan tujuan ngeblog itu macem2.

Di sini saya akan fokus pada blogger yang ingin meningkatkan visitor blog dan mendapatkan penghasilan.

Gimana sih dapet visitor?

Kalau Anda tipe blogger yang social, maka bersosialisasilah dengan sesama blogger lain.


Saya, bukan tipe seperti itu.


Bahkan hanya sedikit komentar saya di blog lain yang membawa identitas blog saya.

Apalagi ikut komunitas blogger, mungkin saya belum pernah.

Tapi saya mengikuti banyak komunitas lain, namun bukan untuk mempromosikan blog, lebih untuk belajar saja, di ads.id misalnya.


Kalau Anda seperti saya, maka cara dapet visitor adalah....

Dengan menyajikan konten yang orang lain butuhkan.

As simple as that.


Sekarang ada dua jenis konten berdasarkan jangka waktu. Trending/ short term topic, Versus topik jangka panjang.
dirkercken/123RF

Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Karena itulah banyak website media yang menggunakan keduanya untuk mengisi website.


Dengan konten yang dicari terus, blog kita bisa terus2an dapet visitor, bahkan gak perlu update setiap hari. Perbulan sekali pun kadang sudah cukup.

Update perhari tentu lebih baik, namun ini kembali pada kemampuan penulis di blog Anda, apakah cuma sendirian, atau punya penulis lain.


Jika blog sudah stabil, lalu Anda coba mengincar topik trending, maka biasanya akan sangat mudah sekali untuk mendapatkan visitor dadakan yang berlimpah. Performa website sudah cukup tangguh.


Dan ketika Anda tidak punya bahan untuk update topik trending, visitor blog Anda tetap stabil berkat adanya artikel-artikel jangka panjang.


Saya sendiri sejak dulu males ikut2an nulis tentang trending topic. Namun setelah nyoba, kadang ketagihan juga, karena itu tadi, visitor besar datang secara instant.


Malesnya, kita mesti ngikutin kabar-kabar terbaru, trending paling panas, itu malesin seringnya.


Jadi, kalau suruh milih, topik abadi atau topik trending, saya pilih topik abadi. Enak banget. Tinggal aja web, visitor tetap stabil, dengan catatan kualitas artikelnya bagus, sehingga performa SEO juga baik.

Ngukur SEO gimana? Fokus saja ke kualitas artikel yang dibutuhkan orang lain, lalu lihat apakah ada visitornya atau tidak.

Lalu pertanyaan yang bakal muncul, gimana dong nyari topik yang orang lain cari?

Ini kita ngomongin soal nyari keyword, memilih niche, dsb.

Itu anda sebaiknya kunjungi saja blog panduanim.com, tentu bukan punya saya. Di sana membahas panduan ngeblog yang komplit.

Saya pribadi jarang ngunjungin blog tsb, tapi pernah mampir, berkualitas sangat isinya.



Seperti di awal saya bilang, ada kelebihan-kekurangan masing-masing, dan kekurangan topik jangka panjang adalah, kompetisi biasanya sudah sangat sulit, ketat, jadi mesti pinter2 milih topik yang belum ada pemain kuatnya. Tapi jangan pesimis, buanyak banget yang masih belum terjamah.


Lalu, bikin artikel berkualitas untuk jangka panjang, itu kadang lebih berat, mesti lebih serius, lebih lama bikinnya, artikel juga harus panjang, tapi sekalinya dapet posisi bagus di google Serp, bisa bertahan bertahun2.


So, kesimpulannya, trending atau long term, sama-sama bagus, dan sebaiknya sama-sama dipakai di blog. Fokus ke long-term, tapi ketika ada trending topic yang berkaitan dengan niche blog kita, eksekusi aja biar dapet visitor instant yang luar byasah.


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Topik Trending atau Abadi? Stable Visitors or Instant Traffic?"

Post a Comment

ads bawah