Ads

YUK Menggandakan umur dengan cara ini

Artikel ini akan berbahasa Indonesia dan sedikit English. 

Jadi kalau kalian lihat ada orang Indo ngomongnya kek SOK-SOK an pakai bahasa Inggris dan Indonesia, jangan mandang negatif dulu ya.

Saya pribadi, sekitar 90% coretan saya itu pakai bahasa Inggris. Kenapa? Ga tau, tanganku otomatis nulisnya pakai English. Maybe because I like to think in English. 

Mungkin awalnya belajar membiasakan bahasa Inggris, dan caranya juga adalah dengan berfikir dalam bahasa Inggris, jadi kalau mau ngomong gak perlu TRANSLATE dulu. 

Atau, mungkin karena artikel yang saya baca sehari-hari, lebih banyak yang berbahasa Inggris dibanding artikel Indo. 

Halah malah ngomongin bahasa. 

Oke, ini contoh coretan saya hari ini, berdasarkan artikel English yang ditulis oleh Psikolog beneran. Jadi artikel kali ini juga tinjauannya adalah dari sudut Psikologi.

Double our LIFE!

- Get new experiences

- Learn new things every day

- Explore new places & environments

- Meet new people

- Be Mindful, be in the moment

- Don't listen to music while doing things

- ... or watch movies

- ... or daydreaming

- Give more attention to what we do and feel right in the moment

What is the MAKSUD?

Point-point di atas adalah cara-cara untuk menggandakan uang umur.

Maksudnya, membuat umur kita lebih lama hingga dua kali lipat, bahkan lebih.

Sebelumnya saya juga pernah menulis artikel serupa yakni dengan judul Kenapa "Waktu Berjalan Begitu Cepat? (Einstein Theory)."

Tapi di situ saya bahasnya dari sudut yang sedikit berbeda dengan artikel di halaman ini.

Di sini sedikit lebih praktikal.

Yaudah, jadi, alasan KENAPA kok semakin dewasa, waktu yang berlalu semakin cepat?

Jawabannya adalah karena; kita terlalu FAMILIAR dengan yang kita lihat dan lakukan sehari-hari.

Sedangkan di masa kanak2, everything is new, semuanya adalah hal baru yang akan kita jelajahi karena penasaran.

Udah gede, eh kita jadi stuck gini-gini aja, akhirnya, pikiran kita akan merasa bahwa waktu berjalan lebih cepat. 

Nah, cara untuk membuat waktu berjalan lebih lama adalah dengan cara-cara di atas, akan kita translate.

CARA AGAR WAKTU BERJALAN LEBIH LAMA


Dapatkan pengalaman baru!

Saya gabungkan beberapa point; maka pengalaman ini bisa saja dalam bentuk:

- Melakukan hal baru
- Mengunjungi tempat baru
- Bertemu orang baru
- Belajar hal baru

Ya, itu semua bisa dilakukan berbarengan.

Saya masih ingat betul, perjalanan ke Ciwidey waktu itu, gak sampai 2 hari, bersama orang baru, itu terasa lamaaaa banget. 

Dan lalu kenangannya akan bertahan lamaaaa banget juga.

Saya yakin kalian pernah merasakan lah, ketika kalian sibuk dengan hal baru, atau sedang melakukan hal yang BUKAN RUTINITAS, itu rasanya lama banget kan?

Jadi berasa bahwa hidup kita gak berjalan kek kilat dan tanpa jejak gitu aja.

Ya itulah.. 

Lalu cara berikutnya yang GAK PERLU KE MANA-MANA, gak perlu ketemu orang baru, gak perlu melakukan hal baru, ya pokoknya ngelakuin hal rutin, tapi bisa juga loh lama terasanya.

Walaupun ya kurang sih, tapi udah lumayan banget.

Yaitu, MINDFULLNESS. 

Apa ya Indonesianya; SADAR dan memperhatikan semua detail-detail dari hal yang kita lakukan sehari-hari.

BE IN THE MOMENT.


Yaitu, pikiran kita harus berada di SAAT INI. 

Jadi pas misalnya lagi mandi; ya fokus ke aktivitas mandinya. Bukan malah mikir apa yang akan dilakukan, atau menghayal sambil mandi, atau sambil dengerin musik.

Oh kan multitasking?! Ya silahkan, tapi waktu akan terasa berjalan lebih cepat.

Misal lagi masak, ya fokus ke aktivitas masak, jangan sambil nonton Drakor. 

Loh kan enak?

Ya enak sih, saya tau, misal sambil nyetrika lalu kita sambil nonton drakor atau dengerin podcast, enak kan ya?

Ya iya tapi nanti pada akhirnya, sehari itu berjalan kek kilat. Tiba2 udah ganti hari, ganti minggu, ganti bulan, lalu kaget ketika kita udah masuk bulan puasa lagi.

Misal lagi jalan kaki, atau di bus, di kereta, kita akan ngapain? Biasanya si ya maen HP. Buka sosmed, dll. Nah itu tidak being mindful, pikiran kita tidak berada di moment yang sedang kita alami. 

Ya saya di atas itu cuma ngomong aja.

BELUM BISA PRAKTEKIN sama sekali juga sih.

Saya nulis ini aja sambil nonton YouTube.

Can you believe that?

Saya lagi bahas tentang MINDFULNESS dan ternyata saya sambil nonton YT, ck, parah!

Makanya saya selalu kaget, lah udah hari JUM'AT lagi?!!

Ngapain aja gua 6 hari kemaren?

Ya itulah. 

Bagaimana dengan orang-orang yang SIBUK BEKERJA, kok masih terasa cepat?

Ya karena kerjaannya adalah berbentuk RUTINITAS.

Hal yang udah biasa dilakuin sehari-hari.

Termasuk BERMACET-MACET RIA. 

Ngapain coba kalau di mobil sambil macet-macetan?

Dengerin radio, musik, YouTube, buka sosmed. Ya kan?

Bukan menikmati macet itu sendiri kan. Pikiran tidak berada di saat itu, makanya jangan heran waktu berjalan sangat cepat.

Yang naik motor gimana? 

Tergantung. Misal saya gak biasa motoran di Jakarta, ya berasa lama pas macet2an di Jakarta.

Tapi bagi yang sehari-harinya udah biasa lewat jalan situ, mungkin pikirannya malah sambil ngayal punya mobil jadi gak kepanasan, gak keujanan, dan bisa sambil dengerin radio.

Anyway, 

Walau saya suka banget multitasking, tapi saya sebenernya kaget, bagaimana waktu kok berjalan sebegitu singkat.

Bentar lagi lalu kita tua, dan pergi dari dunia ini. (Anggap aja sehat dan diberikan keselamatan sampai tua, aamiin)

Makanya saya juga ingin banget merubah rutinitas menjadi hari-hari yang penuh tantangan baru.

Entah bisa rela atau tidak meninggalkan kebiasaan. Tapi saya butuh umur lebih lama. 

Saya butuh waktu lebih lama untuk menikmati kehidupan ini. Secara fisik tidak mungkin, maka ya secara psikologis saja. Bahkan dalam agama, diajarkan kan cara memperpanjang umur, apakah usia hidup akan bertambah? Tidak akan. Tapi nilai hidupnya itu lebih panjang, jadi lebih barokah.

Yaudah, kita praktekkan yuk. Dua kunci memperlama waktu adalah "NEW EXPERIENCES" dan "MINDFULNESS."


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "YUK Menggandakan umur dengan cara ini"

Post a Comment

ads bawah