Ads

Ini cara saya membuat desain denah rumah keren menggunakan Photoshop

Ilmu photoshop saya itu, apa ya, dibilang newbie banget sih mungkin enggak, tapi sama sekali belum bisa dibilang intermediate, apalagi expert, jauuuh..

Kalo sekedar bikin logo, atau ganti kepala saya pakai badan sixpack sih insyaAllah bisaaa :D

Malah saya pernah dapat orderan ndadak, lumayan, 50 rebu bikin logo gak sampai 1 jam. (logo blog sendiri malah biasa banget gitu gak ada menarik2nya).

Nah, karena itulah, kalau Anda mahir Photoshop, atau minimal ya amateur macam saya, yakin deh Anda juga mampu bikin seperti yang saya buat.

Nah, sebelum saya bahas gimana cara saya membuat desain denah rumah menggunakan software Photoshop, lihat dulu contohnya.

Desain denah rumah ukuran tanah 72 meter persegi dengan ukuran rumah kira-kira tipe 36 di bawah ini saya buat sekitar 1 jam hingga maksimal 2 jam, ya 1.5 jam lah kira2.

Saya buat cuma buat bahan posting ini. Sedangkan denah yang saya buat lainnya, jelas lebih keren dan jauh lebih kompleks dari contoh di bawah.

Tapi saya pingin, Anda lihat dulu, layak gak untuk dijadiin tutorial kalau hasilnya seperti di bawah ini. Jangan sampai udah berbusa ini mulut, ternyata hasil saya jelek dan gak layak tampil :D

Dengan catatan, ya masih bisa banget dibikin lebih bagus, cuma saat ngebikin, saya buru2in biar 1 jam kelar. Ternyata ya kelar sih, lamanya karena mikir mau ditambahin apaa gitu, detail2 kecil yang gak penting tapi seru.

Ini dia...

*Klik aja biar gede..

Enaknya menggunakan Photoshop adalah bisa tempel2 stock gambar sesuka kita. Bahkan kalau lebih niat, taman serta lantainya bisa pakai pattern yang lebih nyata dan keren.

Tools yang dipakai cuma itu2 saja...

Shape, Colors, Layers Effects, Stock Images, Marking, Delete, ya pokoknya gitu2 doang dah.

Cuma ya itu, kita mesti nyari dulu stock imagenya..

Beda ama software desain rumah yang khusus, itu kan stock image-nya udah luengkap banget. Dulu saya pernah pakai software PUNCH itu gila keren banget. Lalu pernah pakai Microsoft Visio juga lumayan keren..

Yang 3D sih itu Punch, dan puluhan software lainnya..

Kelemahan Photoshop mungkin ya ini, gak bisa desain 3D, bisa sih, tapi terlalu melelahkan. Di internet juga buanyak banget penyedia tools buat ngedesain 3D house, tapi saya males. Sukanya yang saya mau aja, sekarang cuma mau pake Photoshop.

Ini workspace-nya..


Hingga resolusi di atas 3000 piksel width, laptop saya masih kuat, karena pake cuma CS3. Entah sekarang udah CS berapa sih, jaman bertahun2 yang lalu aja udah CS6, haha.. kayaknya sekarang udah belasan ya.

Okelah...

Saya bingung juga kalau mau bikin tutorial, orang gampang banget gitu, apa yang mau dishare, wkwk..

Oke bye!

Mungkin kapan2 sih bakal saya bikin video tutorial gitu kali ya, biar dapat viewers2 newbie, hahaha.


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

1 Response to "Ini cara saya membuat desain denah rumah keren menggunakan Photoshop"

ads bawah