Ads

Belajar Disiplin

Gak ada orang sukses yang gak teratur hidupnya..

Katakanlah.. di semua aspek kehidupan ini.

Disiplin adalah menjalani komitmen dengan konsistensi.. Orang yang gak punya komitmen, gak bisa konsisten, gak akan berhasil apa-apa dalam hidup...

Itulah alasan kenapa saya saat ini bisa SUKSES!

Karena, saya betul-betul konsisten melakukan kebiasaan burukk... Ya, saya sukses untuk gagal :D

Untuk bisa konsisten, rasanya sulit sekali..

Tapi bukan tidak mungkin..

Bukti yang bisa saya jadikan semangat adalah; kebiasaan-kebiasaan yang berhasil saya bentuk meski bukan hal serius.. Tapi buktinya bisa.

Jadi, jika yang mudah bisa dibentuk.. saya yakin, yang sulit pun tentu bisa dibangun meski harus dengan proses lebih lama dan lebih berdarah-darah.

Salah satu cara mudah untuk belajar teratur dan membentuk kebiasaan baru adalah dengan membuat komitmen yang ringan dulu, lalu naikkan levelnya jika sudah bisa konsisten menjalani..

Misalnya...

Jika sudah bisa rutin puasa sunnah hari Senin, maka lalu tambahkan lagi untuk hari Kamis.. Jika langsung dua hari dalam seminggu pada percobaan pertama, mungkin akan langsung gagal di bulan pertama, karena terlalu berat dijalani, kita kaget.

Contoh lainnya sangat banyak...

Alasan kenapa saya sering kali gagal untuk mereformasi kebiasaan saya adalah akibat setting goal yang terlalu berlebihan di awal..

Saya maunya langsung berubah 180 derajat.. Maunya instan langsung level 5, padahal sebelumnya ada di level 0.

Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit..

Kalau langsung bikin bukit, gak ada alat yang mampu melakukannya..

Jika langsung ingin ke level 10, badan dan pikiran kita gak sanggup.. Namun jika dicicil, kita membiasakan pada level 1, lalu badan dan pikiran kita menyesuaikan, tambah lagi ke level 2, dan seterusnya.

GAGAL!!

Pasti gagal jika ingin langsung melakukan perubahan besar-besaran dalam keseharian kita..

Saya sudah buktikan itu berkali-kali.. Dasarnya keras kepala dan gak tau diri.. Masiiih aja sering bikin too big goal for short term!

Nyicil gan! InsyaAllah pada saatnya, kita nyampe di tujuan..

Selangkah demi selangkah, asalkan ada progress, asalkan bergerak... berhenti hanya untuk istirahat, lalu lanjutkan lagi.. Jangan pernah mundur untuk menyerah.. Mundurlah hanya untuk maju lagi sampai tujuan...



Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Belajar Disiplin"

Post a Comment

ads bawah