Ads

Nafsu itu nular

Ada satu hal yang saya amati dari kebiasaan saya mengumbar nafsu adalah bahwa, nafsu itu bisa merembet dan meluas..

Misalnya, ketika saya sedang berambisi dunia, maka nafsu-nafsu dunia itu akan muncul. Nafsu ingin memiliki dunia, maka nafsu wanita juga ikut muncul.

Makanya para Sufi itu membatasi makanan yang masuk ke perut karena kenyang itu merupakan sumber dari segala dosa.

Ketika kenyang, maka kita akan pingin ini, itu, dan segalanya..

Dan saya pernah seperti itu juga, melaparkan diri, rasanya nikmat sekali.. walaupun ada negatifnya, yakni..

Kehilangan semangat mengejar dunia.

Sebenernya baik ya, tapi masalahnya, orang di sekitar kita menuntut kita untuk sukses dunia juga, akhirat doang gak cukup..

Hmm.. sungguh terlalu sih,

Padahal apalah arti dunia ya kan..

Tapi ya kita ni manusia biasa, bukan manusia2 istimewa.. Jadi, kita masih butuh dunia...

Lagipula, kalau kita tidak menguasai dunia, maka akan ada banyak hal-hal yang berbahaya..

Ya, karena uang, orang bisa melakukan hal-hal yang gak masuk akal..

Makanya, dunia itu mesti dikuasai.. Tapi fokusnya tetap Akhirat..

Begitu kira-kira, pelajaran yang saya dapatkan pagi ini...

Yaudah, hakuy..

uhmm... maap ya kalo kurang jelas, ngetiknya sambil ngantuk berat :D



Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Nafsu itu nular"

Post a Comment

ads bawah