Ads

Is BLOG DEAD?

 Apakah blog sudah mati?

Beberapa menit yang lalu, saya cukup terkedjoet melihat blog yang dulu selalu ramai komentar, eh sekarang kolom komentarnya dimatikan.

Saya intip artikel2 sebelumnya, ternyata ada yang cuma satu saja komentar yang masuk. 

Kalau di blog saya, komentar gak ada itu wajar ya. Karena kan ya blog corat-coret doang.

Tapi blog yang saya maksud di atas, merupakan blog mingguan. Pasti ada update hari Senin, dan memang ramai kok.

Dari situ, 

Lalu saya mulai agak tersadar, sekarang memang orang sudah kurang menyukai blog, khususnya berkomentar di blog.

Tapi, betulkah?

Hmm, saya kira TIDAK bro.

Coba kalian intip blog TMCBlog.com

Itu ramai sekali komentarnya ya kan.

Saya gak tau ada berapa nama yang milik satu orang, tapi jelas kok, blognya kang Taufik emang ramai sampai saat ini.

Kok bisa?

Karena seringnya bentuk berita.

Apalagi, berita MotoGP.. Yaudah ya kan, FBY dan FBH berkumpul di situ saling membalas.

Yang masih ramai tentu saja media berita, itupun cuma beberapa media saja. Lebih banyak yang sepi kok.

Yang jelas ramai sekarang tentu saja di YouTube.

Kenapa kok bisa?

Mudah saja sebenernya menjawab ini.

Beberapa faktornya adalah;

Lebih mudah komen, membalas dan dibalas, dengan notif yang selalu muncul, serta bisa dilacak semua, dan gampang ngapusnya.

Bisa diedit juga. 

Di blog, cuma di kolom komentar yang pakai sistem Disqus dan sejenisnya saja yang bisa.

Makanya, orang lebih "kiyeng" alias tidak malas untuk berkomentar di YouTube.

Saat menulis ini, saya jadi kepo, berapa komentar yang masuk di channel saya :D

Lah ternyata susah ya liatnya, di mana sii, wkwk

Oh ketemu niii..

Ternyata ada 485 komentar yang masuk. 345 di antaranya masuk dalam 1 tahun terakhir.

Ya lumayan lah yaa...

Channelku gak sepi2 amat, wkwk.

Tapi ini berkebalikan banget ama blogku.

SEPIIIIII

Sebulan palingan ada beberapa biji doang.. 

Duh, ngenes amat yak.

Tapi, ya beginilah gaes.

Roda terus berputar... hehe.

Apakah BLOG sudah mati??

Tentu saja belum!!!

Apakah masih ramai?

Iyes, untuk topik2 tertentu masih ramai banget.

Tapi gak bisa dipungkiri, tambah sepi si!

Pindah ke YouTube lah..

Sekalian nyicipin TikTok.. 

Zamannya multimedia gaes.. Bosen liat tulisan mulu mah. Yuk!

Edit: Bukan pindah si, tapi merambah...



Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

2 Responses to "Is BLOG DEAD?"

  1. Assalamu'alakum.. Sabar mas, blog aaya juga sepi. Sepi itu belum tentu ramai,tapi sepi itu damai, semoga yang damai-damai mendapatkan keberkahannya. Aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam.. iya semoga barokah yaa :) Aamiin

      Delete

ads bawah