Ads

Sharing Tips Tidur & Nginep di Pom Bensin/ SPBU

Elmuha sebenarnya baru beberapa kali saja belum yang sampai puluhan kali nginep di POM bensin atau SPBU Pertamina. Beberapa kali juga saya lebih memilih Masjid sebagai tempat peristirahatan. Yang jelas, saya belum pernah mampir buat tidur di penginapan, kecuali kalau sudah sampai tempat tujuan.

Ya karena sayang uang, tidur beberapa jam saja, sekitar 3-4 jam paling lama, lalu lanjut jalan. 

tidur di spbu

Oh tapi kemaren saya pas udah nyampe daerah tujuan tetep di Pom bensin aja sih, itu karena urusan saya di tempat tujuan cuma bentar banget. Jadi dihitung masih perjalanan.. 

So, ini sekedar sharing saja berdasarkan pengalaman dan mindset yang saya buat sendiri. 

Tips ini kadang tidak berlaku juga jika ada faktor lain. Jadi, inilah yang setidaknya dipertimbangkan kalau mau nginep di Pom bensin atau tidur sejenak.

Yakin aman dan nyaman

Gak usah gak enak hati buat keluar lagi nyari SPBU yang lain kalau ternyata setelah masuk eh tempatnya tidak meyakinkan. Misal Hati kecil kalian gak sreg dengan tempatnya, bisa karena banyak faktor. Yasudah keluar lagi cari lagi. Tapi ini berlaku kalau ada SPBU yang tidak terlalu jauh di depan. Kalau di daerah yang jarak antar SPBU jauh, ya maka pertimbangkan lagi buat tetep di situ.

Jangan POM yang udah tak terawat/ rusak2 - Pastikan terang

Nah ini sebagai karakteristik SPBU yang menurut saya aman dan nyaman, itu kalau bisa jangan SPBU yang udah kurang terurus. Biasanya jalannya udah banyak rusak, lalu fasilitas juga udah gak terlalu diurus. Dan pastikan gak remang ya pencahayaannya. Karena ada yang begitu.

Tidak jauh dari pengisian BBM/ tidak ada penghalang

nginep di pom bensin

Nah penting juga adalah kalau bisa pilih SPBU yang area toilet dan mushola tidak jauh dari dispenser pengisian BBM. Ya masih sebelahan deket lah, jadi terlihat jelas oleh petugas-petugas SPBU. Ya mereka gak ikut campur, tapi it's nice aja ada orang-orang yang lebih kita percaya. Beberapa SPBU itu ada semacam pembatas tinggi seperti pagar antara area pengisian dengan rest area. Itu kalau SPBU-nya bagus ya aman-aman saja. 

Kalau SPBU-nya udah kurang terawat kadang agak serem juga ya. Walaupun saya cukup yakin aman-aman saja sih.

Jangan yang dikuasai preman

Ada beberapa SPBU yang premannya berperan banget. Sebenernya sih mereka gak yang jahatin gitu, tapi ya alangkah lebih menenangkan kalau petugas-petugasnya resmi dan berseragam ya.

Sekali lagi, saya sebenernya belum pernah ngalamin atau menyaksikan atau mendengar cerita ada pesinggah yang dijahilin preman. Cuma jujur berasa kurang tenang aja.

Datang di jam tidur

Maksudnya adalah, lebih enak kalo kita masuk SPBU buat rehat itu pas kita udah ga tahan pengen rebahan atau memejamkan mata. Kalau masih tahan buat melek mending melipir dulu ke teras toko atau minimart. Ini di kisaran jam 11an malam mungkin udah lumayan sepi ya SPBU. Jadi bisa langsung tiduran.

Ada temen tidur

Gak harus temen yang dikenal ya, walaupun ya tentu akan lebih enak kalau kita berdua atau lebih. Tapi temen sama-sama pejalan yang mampir itu juga temen walaupun gak kenal. Kadang gak ada temen sih, saya beberapa kali ya sendirian yang pejalan. Tapi ada orang-orang situ yang numpang tidur di musholla, ya itu saya anggap temen tidur juga.

Waspada barang2 dan kendaraan

Gak enaknya sendirian, itu lebih repot kalau urusan barang-barang. Ke toilet harus dibawa, gak bisa gantian ama temen. 

Tapi lebih detail lagi, kalau mau tidur, itu barang penting semisal HP dan dompet, simpen di bagian dalam jaket kalau saya. Karena susah dirogoh. Untuk tas biasanya saya tidurin atau saya tidur tapi tali tasnya dilingkarin ke badan.

Kendaraan motor lebih aman kalau deket sama kita dan terlihat. Kunci ganda lebih baik, tapi saya belum pernah dikunci ganda, Alhamdulillah aman.

Bersikap PeDe seakan udah biasa



Ya ini juga cukup penting. Jangan minder biar gak dijahilin. Ya harus pede dan kek udah biasa nginep di SPBU itu kayaknya lebih aman. Dan nginep di SPBU harus PeDe ya, ini walaupun banyak yang swasta tapi tetep aja terhubung ke BUMN.

Waspada lebih baik daripada menyesal 

Nah ini secara keseluruhan, bersikap waspada selalu itu gak apa-apa. Daripada menyesal kalau udah kehilangan.. eaaaa

Kalau bagi saya; SPBU itu relatif aman ya di mana-mana. Kecuali kalau di antah berantah ya bisa jadi ada pemain-pemainnya. 

Yang penting ya standar kewaspadaan itu diterapkan. Percaya instingmu kalau ngerasa gak yakin ya mending cari lagi. 

Dengan tips di atas, tidak menggaransi juga 100% akan selalu aman, tapi setidaknya kan berusaha.

Anyway, saya sebenernya sekali pernah udah rehat di Masjid, eh kek dikerjain penunggunya :D akhirnya pindah ke nyari SPBU. 



Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

1 Response to "Sharing Tips Tidur & Nginep di Pom Bensin/ SPBU"

  1. bagus banget sharing dan tips nya kak. Karena kadang banyak yang sudah lelah sekali di jalan tapi tidak berani istirahat di SPBU, padahal saat itu tidak ada tempat lain yang lebih baik selama perjalanan.

    ReplyDelete

ads bawah