Ads

3 Paket Internet Terbaik yang Saya Pakai (Review 3 Provider)

I am internet maniac, maybe. I mean, saya ga bisa lepas dari internet, well mungkin bisa, cuma kebutuhan nafsu akan internet susah dihilangkan. Jadi, saya biasa menggunakan lebih dari satu paket internet untuk memfasilitasi kebutuhan netting saya.

Setidaknya ada 3 paket internet favorit yang biasa saya pakai. Apa saja? Check it out!

1. Paket Internet Volume Based Smartfren
Saya biasa beli paket yang 100 rb untuk 5 GB + bonus 12 GB di waktu dini hari. 5 GB ini jujur sangat tidak mencukupi, dan 12 GB terlalu sempit waktunya sehingga ga pernah habis, bahkan setengah pun belum pernah sampai.

Kelebihan: Kecepatan relatif stabil alias jarang DOWN atau tiba-tiba lelet bahkan ga bisa akses internet. Kalau misal down, maka kita bisa pancing-pancing supaya kembali normal.
Kelemahan: Speed browsing, buffering, dan download tidak secepat bahkan lumayan jauh jika dibandingkan XL dan Telkomsel di jaringan HSDPA. Kelemahan lain yang menurut saya sangat SERIUS adalah, terkadang setelah jam 1 dini hari, paket tidak berubah ke paket internet malam, yang dikira sudah berpindah dan saya mulai buffer/download. Akibatnya ngambil paket utama deh. Jarang terjadi, tapi saya merasakan setidaknya 2 kali, akhirnya saya selalu tes dulu melalui web admin smartfren.

2. Paket Internet Super Cepat XL
Saya biasa beli yang 55rb dan baru sekali mencicipi yang 30rb. Untuk yang 55rb, kita akan dapat 1 GB di jam 12 siang sampai 12 malam, dan 11 GB di jam 12 malam sampai jam 12 siang. Sangat murah menurut saya dibandingkan dengan provider lainnya. Yang 30 rb, dapat 500 MB siang ke malam, dan 5 GB malam ke siang.

Kelebihan: Speed browsing, buffer, dan download cepat, untuk youtube, sering tak perlu buffer, KALAU dini hari.
Kekurangan: Sering ada LAG, atau jeda, jadi seakan-akan koneksi internetnya ga standby, kadang harus dipancing buka web super ringan (seperti bhinneka dan histats). Di jam 7 pagi - 12 siang sering jadi lelet, meski masih bisa lumayan lancar akses internet untuk browsing. Tapi ga jarang juga di jam 7 - 12 tetep ngebut. Di jam 12 siang - 12 malam, terutama di jam 6 sore - 10 malam, LELET. Kadang-kadang cepet juga di jam 12 siang - 6 sore, ya tergantung keberuntungan :D

3. Paket Internet Telkomsel Flash - Fun Midnight.
Saya biasa beli yang 7rb untuk 2 GB per 1 minggu. Kalau langganan maka akan dapat 8 GB dengan 28 rb per bulan. Waktu pemakaian dari jam 12 malam sampai jam 9 pagi.

Kelebihan: SUPER FAST!!, Jarang down di waktu paket Fun Midnightnya. Secepat apa? pagi tadi saya coba untuk buffer video2 youtube, load pertama selalu di resolusi 480 ( x 640), dan kalau ga diklik, akan berubah ke HD alias 720 x 1280, biasa pakai XL mulai dari 360p dan 240p. Smartfren? lebih sering mulai dari 144 / 240p.
Kekurangan: relatif lebih mahal paket regularnya, kira-kira 50% lebih mahal dari provider lainnya.

Untuk paket regular Telkomsel Flash belum bisa saya review ya karena terakhir saya langganan adalah tahun 2011 dari tahun 2010 (1 tahun), rencana saya akan langganan yang 150 rb (6 GB) paket smartphone, tablet, dan modem. Looks very worth the money.

Hasil Tes Speed?

Jujur banyak banget yang saya simpan, semua provider yang saya sebutkan. Tapi untuk saat ini tidak perlu saya tampilkan, mungkin nanti akan saya buat di halaman khusus dan saya berikan linknya di sini.

Test Speed memang bisa jadi indikator, tapi beda daerah akan sangat mempengaruhi bro. Yang jelas, dari banyak pengujian, Telkomsel >/= XL >> Smartfren.

Semoga bermanfaat, don't forget to leave comment, engga juga gapapa sih kalo males :D


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "3 Paket Internet Terbaik yang Saya Pakai (Review 3 Provider)"

Post a Comment

ads bawah