Ads

Telkomsel 2G EDGE/GPRS SpeedTest

Dari abis maghrib, jaringan 3G di tempat saya tinggal, hilang! Mungkin penjaganya lupa ngidupin generator atau saklar listriknya kali.. Atau mungkin lagi ada yang konslet jadi lagi dibenerin pemancarnya.. wkwk..

Yang jelas, kalau mati lampu, biasanya 3G Telkomsel bakal ikut "mati", lalu hidup lagi, mungkin pakai genset, kadang juga gak idup2 sampe lama.

Nah, karena saya gak bisa nunggu lagi, udah gak sabar, akhirnya rubah aja setting modem di GSM Only biar bisa dapet sinyal 2G dan internetnya pake EDGE dan GPRS.

Connect pertama, dipake di Chrome, gagal... Lalu coba pake Opera dengan Turbo diaktifkan, ternyata bisa buka halaman website. Lalu coba lagi Chrome, bisa, syaratnya, gak ada tab aktif lainnya, baik di Chrome ataupun di Opera. Harus 1 tab aja yang aktif, maklum, koneksi 2G dengan 3.5G jauh banget bedanya.

Disconnect, ngetes apa 3G udah ada belum sinyalnya, ternyata belum.. Akhirnya...

Coba Connect kedua, di jaringan 2G lagi..

Ternyata relatif lebih cepat dibanding percobaan pertama. Buka 3 tab aktif loading bersamaan, kebuka semua.

Wah.. kalau gini sih.. Telkomsel bisa diandalkan di tempat yang belum dapat sinyal 3G. Seluas apapun sinyal 3G Telkomsel, saya yakin masih banyak daerah pedalaman Sumatera atau Kalimantan, yang cuma dapet 2G, di hutan misalnya.. wkwk.

Yang jelas, koneksinya bagus... untuk kelas 2G ya.. Atau mungkin karena di Jabodetabek kali ya makanya bagus.. Gak tau dah.. Tapi saya cukup yakin di daerah lain juga bakal gak jauh beda.

SpeedTest


Penasaran saya keluar, pengen tau, berapa sih kecepatan koneksi internet 2G EDGE/GPRS Telkomsel saat ini?

Syukurlah, website SpeedTest.net bisa terbuka sempurna, dan berhasil juga buat menyelesaikan uji kecepatan. FYI, saya pernah pakai jaringan 3G atau EVDO gitu, dari provider lain, bahkan di tengah jalan gagal loh karena koneksinya gak stabil.

Salut buat Telkomsel, (yaiyyalah...)

Oke, ini hasil tes kecepatan koneksi internet Telkomsel 2G (EDGE)


YUP BETUL...

Jauh banget sama kecepatan jaringan 3G-nya.. Berikut tes speed yang terakhir saya lakukan, 2 hari lalu mungkin..

Loop, Review.
Di tengah proses posting ini, koneksinya ngadat.. Akhirnya disconnect dan coba cek apa sinyal 3G-nya udah ada belum, ternyata udah ada.. udah normal lagi.. Akhirnya, untuk saat ini.... gagal posting pake Telkomsel 2G EDGE. gak papalah...

Kesimpulan: Jaringan 2G EDGE Telkomsel, masih bisa digunakan saat ini :D


Bukti jaringannya pake 2G! Siapa tau ada yang mau BC Telkomsel pake SS SpeedTest di atas, wkwk.


Sorry SS-nya kurang lengkap, gak tau dah gimana ceritanya bisa kepotong begitu bawahnya...


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Telkomsel 2G EDGE/GPRS SpeedTest"

Post a Comment

ads bawah