Ads

Cari Laptop Terbaik Harga Terjangkau...

Sekitar 3 tahun lalu, elmuha beli laptop dari hasil cari duit di internet.

Pengennya waktu itu laptop Toshiba layar 17 inch, tapi alhamdulillah gak jadi.. Karena Toshiba agak bermasalah dengan cooling system...

Setelah cari-cari.. akhirnya saya dapet laptop harga murah namun dengan specs yang cukup oke..

Bahkan sampai saat ini, setelah 3 tahun, performanya masih sangat capable untuk meng-handle banyak jenis software termasuk image dan video editing. Tapi kalo edit video HD di Sony Vegas udah kewalahan sih..

RAM sejak awal sudah ditambah menjadi 2x lipat, karena itu performanya menjadi lebih baik dibanding laptop harga setara lainnya.

Namun komponen yang paling saya perhatikan waktu itu adalah jenis prosesornya.

Seperti kita ketahui, prosesor itu bisa kita sebut sebagai otaknya komputer. Kemampuan prosesor mempengaruhi hampir semua komponen di laptop/ komputer. Lalu diikuti oleh RAM, hard disk/ SSD, GPU, dan st (seterusnya). wkwk.

Nah, karena itulah ketika memilih laptop, saya selalu memperhatikan prosesor di atas semua fitur dan spesifikasi laptop lainnya.

Memilih prosesor yang bertenaga, akan menyelamatkan uang kita agar tidak segera mengganti laptop.

Meskipun misalnya... layar sudah rusak (kena ujan), atau keyboard yang udah berisik, kamera mati, dan ll (lain-lain). (laptop saya cuma layar aja si yang rusak). Kita tak perlu buru-buru ganti laptop.. kecuali kalau emang komponen itu yang paling dibutuhkan, misalnya kalau saya seorang fotografer.


Oke.. enough....


Kembali ke judul.

Laptop terbaik apa yang harganya terjangkau saat ini?

Berbeda dengan 3 tahun lalu, saat ini saya tidak menjadikan prosesor sebagai komponen utama yang mesti didahulukan prioritasnya.. emang saya agak labil gitu...

Kenapa...

Saat ini windows 10 sudah sangat cepat... software juga gak terlalu butuh yang berat2.. sekedar bisa crop image, edit-edit dikit... tanpa nge-lag... itu udah lebih dari cukup. Soalnya kerjaan saya kebanyakan cuma ngetik dan buka browser multitab.

Jadi... misalkan ada laptop harga 3 jutaan dengan prosesor yang biasa aja, layar 11 inch, tapi punya baterai yang punya ketahanan hingga 8 jam penggunaan normal, gimana? masa aku mesti abaikan?

Tau gak... laptop ini cuma 3 jutaan, daya tahan baterai hingga 8 jam. (Asus E202SA)

Jadi....

Saya kira memilih laptop terbaik harus mendahulukan pertanyaan ke diri kita, apa yang paling kita butuhkan?


Misal saya seorang photo/video editor (emang iya siih), maka saya butuh laptop dengan prosesor, GPU, dan RAM besar..

Kalau saya seorang penulis/ blogger (iya juga yang ini), maka sebaiknya saya memperhatikan kenyamanan keyboard, daya tahan baterai, serta bobot ringan supaya gampang di bawa kemana-mana.

Nah... misal saya cuma salah satu dari dua jenis di atas, photo/video editor saja, atau blogger tok.. maka saya bisa lebih mudah memilih.

Tapi karena saya dua-duanya...

Pilihannya menjadi semakin sempit...


Lalu, apa dong?


MacBook Pro aja wis... hahaha...



Tapi berhubung saya masih kismin...


Saya mesti bisa lebih bijak memilih.. kira-kira yang harganya maksimal 6 juta, pake prosesor Core i5, gak perlu graphics card dedicated, RAM juga bisa nambah sendiri. Layarnya mungkin 14 inch masih oke... secara saya kan lelaki tangguh, masa ngarepin laptop ringan...

Yang sulit adalah... mencari yang daya tahan baterainya lama... dengan kriteria di atas..


Yang jelas... meski saya sudah sering mem-filter berbagai tipe dan merk laptop.. saya belum punya pilihan yang cocok dengan kriteria yang saya butuhkan..


Jadi... jawabannya apa dari pertanyaan laptop apa yang terbaik harga terjangkau... buat saya...

Belum tau...


Kalo artikel ini sudah dapet views setidaknya 30 aja... akan saya carikan pilihannya lebih serius...


Karena artikel ini sebenarnya sedang ngelatih saya untuk bercuap-cuap lagi setelah cuti nulis selama 3 hari..

Wih.. baru 3 hari ternyata... berasa udah lamaaaaa banget... 3 hari terlama kayaknya.. gara-gara pikiran terus mikirn "ituh" mulu... aaaaarghhhhhhhh.....


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Cari Laptop Terbaik Harga Terjangkau... "

Post a Comment

ads bawah