Ads

Dilema Punya Banyak Blog

Sering saya berpikir, saya ini punya passion di topik yang saya buat webnya, atau buat webnya itu sendiri...

Bingung kan...

Kalau misal di topik yang saya bahas, harusnya satu web per topik pun cukup kan? Lah ini satu topik saya bisa punya sampai lebih dari 5 blog, kan ribet bro updatenya..

Ribetnya gini... Sering saya dilema, misal ada produk baru nih, katakanlah Huawei Honor 5C 2016, nah kalau dipost di blog A, masa sih di blog B, C, D, dan E gak ada bahasan tentang produk ini. Kalau mau diupdate semua blog tadi, lah gue harus pura-pura menjadi 5 orang untuk menulis satu bahasan dengan gaya dan bahasa yang berbeda. Kan rempong cuuy.

Jadi untuk para blogger baru, ingat kata-kata saya ini;

Punya blog satu aja dulu, urus bener-bener sampe guede... Ntar kalo udah stabil visitornya, dapet uangnya, bolehlah nambah satu. Cukup satu aja, build sampai buesar, visitor banyak, duit gede masuk. Misal kurang, baru nambah satu lagi...

Intinya, jangan bangun blog baru kalau blog yang lama belum jadi. Indikatornya mungkin beda-beda. Kalau topiknya luas, ya targetkanlah misalnya 10.000 UV perhari per blog, baru boleh bangun yang lain. Kalau blog bahasa Inggris dimana persaingan lebih berat, mungkin 1000 UV/ day/ blog cukup lah untuk menjadi patokan kita boleh beralih.

Jangan kayak saya ini bro.

Punya blog buuuanyakk... yang keurus cuma beberapa, itupun gak maksimal karena pikiran malah sering pusing... Aduh update yang mana dulu ya, aduh kok banyak banget yang mesti diupdate, dst.

Jadi ingat!

Satu aja cukup.. Satu aja repot bro... mesti ngasi nafkah tiap bulan, apalagi kalo dari satu dapet anak dua, udah 3 orang jadi tanggungjawab kita, satu aja cukup laaaah, #eh ini tadi ngomongin apa sih?!











Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Dilema Punya Banyak Blog"

Post a Comment

ads bawah