Ads

Careful with Your Steps [Blogging]

This article will be in Indonesian, sorry for foreigners, for temporary, you can use Google/ Bing Translate to read this article.

Judulnya; Hati-hati dengan langkahmu saat blogging


Lebih khusus, saat membangun website agar menjadi besar dan memiliki banyak visitors.

................

Sedikit cerita, 4 bulan lalu, saya merubah permalink blog, sehingga, tanpa redirect, banyak link yang akan menuju halaman 404 alias error.

Tapi migrasi permalink berjalan mulus, sangat mulus, bahkan tidak tampak ada penurunan pada jumlah visitors. Gunakan script di htaccess atau mudahnya gunakan plugin migrasi permalink.

Setelah 1 bulan, index di google saya periksa secara acak, semua link sudah berganti ke permalink yang baru.

ini HAL BODOH yang saya lakukan. Saya melepas plugin permalink migration (atau yang manual menghapus script di htaccess.

Saya lupa, bahwa di dalam banyak halaman, sangat banyak link internal yang tentu masih menggunakan permalink lama.

BODOHnya lagi, saya merasa ada yang salah dengan index google, saya request di webmaster untuk merender semua halaman yang ada di blog tsb.

APA yang terjadi? Visitor semakin anjlok setelah sebelumnya sudah mulai turun perlahan sejak saya melepas plugin migrasi permalink.

Saya bingung... ini yang salah blog saya, google, atau memang visitor sedang turun.

Sampai akhirnya saya buka status index google blog tsb di webmaster juga, DAN.... terkejut sekali saya melihat banyaknya halaman yang error saat google CRAWL blog tsb.

..............

Barulah saya sadar, error 404 dari internal link lah penyebabnya.

Damn....

Akhirnya saya pasang lagi plugin permalink migration sekaligus link redirection untuk membenahi halaman yang tidak bisa dihandle.

CEK di brokenlink checker.... alhamdulillah... 99.9% link bekerja tanpa menemui halaman 404. Sisa 0.1% ada beberapa yang memang tidak bisa saya kontrol.

..............

Saya lepas histats, buat blog seringan mungkin dengan theme yang terbaik, akhirnya visitor kembali membaik. Index artikel baru bisa kembali cukup cepat meski masih belum sesuai ekspektasi.


MORAL of the story, perhatikan hal kecil dan sepele yang kadang justru bisa menghancurkan secara perlahan atau sekaligus tanpa kita sadari.

Banyak pemilik blog yang komplain di forum, bingung kenapa visitor tiba-tiba anjlok...

Yang bisa saya katakan, COBA INGAT-INGAT LAGI semua langkah yang dilakukan, termasuk backlink building (saya gak pakai ini jadi lebih tenang), perubahan setting blog, dst..

Selalu ada sebab penurunan visitor, yang perlu kita cari, penyebabnya datang dari mana, apakah blog kita sendiri, atau perubahan alogaritma google, atau memang penurunan trend topic sehingga pengunjung berkurang.

Oke... semoga curhatan kali ini bisa sedikit menginspirasi.




Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Careful with Your Steps [Blogging]"

Post a Comment

ads bawah