Ads

Gue malah bersyukur, Koneksi internet balik ke zaman batu

Kalau gue inget2, zaman dulu gue lebih produktif. 

Padahal koneksi internetnya ampyun lelet. Gimana enggak lelet, FUP cuma 500 MB, lalu turun ke 128 kbps. 

Tapi kok lebih produktif?

Kenapa?

Oh itu easy...

Karena gangguannya lebih dikit.

Mau buffer YouTube, males, lelet..

Mau buka IG, TW, FB, maleeees.. lelet.

Mau buka web bok3p, duuuh... lelettt!!

Akhirnya, cuma fokus ke kerjaan yang menghasilkan doang!

Hari ini, gue cukup terkejoet mendapati koneksi internet di tempat baru saya seperti balik ke zaman "batu"

0.1 Mbps sodara2!!!


Apa, gak percaya? 


Nih gue retest...


Malah turun lagi..


Tapi buat buka halaman web itu gak lelet2 amat sih...

Normal aja...

Sedangkan kalo buat buffer YouTube, ditungguin beberapa detik, gak ngeplay2 juga itu video.

Apakah internet lelet ini berlaku sepanjang hari?

Enggak!!

Saya ngetest dua kali di atas adalah ba'da maghrib.. Lalu ketiduran.. dan retest ba'da isya...

Dan memang... di jam2 ini, di tempat saya yang lama pun, terbilang lebih lelet bahkan kadang sampai gangguan koneksi.

Jadi bakal kita test lagi di jam 12 malam ke atas ya...

Update di bagian bawah halaman yakk....

Dan oh iya...

HP nya saya taro di area depan rumah..

Biar dapet sinyal 4G..

Di bawa ke belakang, ternyata ilang 4Gnya... :(( nangis dah gua.

Bahkan cuma ke kamar belakang, udah mulai gangguan koneksi..

Nah, dengan fenomena internet lelet yang terjadi di kehidupan baru saya, kok dalam hati yang terdalam.. saya malah bersyukur..

Saya lelah digangguin oleh konten2 nikmat gara2 kebanyakan kuota, dan koneksi yang kekencengan...

Saya lelah dengan video2 di YouTube, di Twitter, dan kadang di web bok3p..

Saya lelah dengan streaming2 film bajakan... Saya kangen saya yang dulu..

Yang bisa produktif meskipun memiliki keterbatasan sarana...

Kini, di tempat yang baru..

Saya punya banyak hal yang pernah saya impikan..

Meski harus ditebus dengan koneksi internet 0.1 Mbps ba'da maghrib...

Mudah2an ini malah sebuah jalan...

Sebuah cara yang dipaksa..

Agar saya terpaksa produktif lagi...

Making content, and making content again...

Semoga,

------------ Oke kita update...

Jadi, di tempat sekarang, sinyal 4G emang dapet, tapi malah lelet ampyun. Jadi lebih baik pakai 3G saja..

Speed download masih ada mending2nya lah, 1-2 Mbps... (1 Mbps sebelum jam 12 malam, 2 Mbps setelah jam 12 malam).

Kadang 4G dapet, tapi gak stabil koneksinya sering idle.

HP sekarang saya taro di kamar mandi. Pas di tempat sabun. Ternyata di sinilah posisi paling stabil koneksinya... gokil dah.



Speed 1 Mbps ini tentu saja amat sangat lelet sekali kalau dibandingin standar saya biasa ngetest. Apalagi speed uploadnya, jaaaaauuuuuh banget ama 4G.

Update;

Jam 1 dini hari, masih 3G. Jika 4G speed uploadnya sering lebih kenceng dari donlot, di 3G keliatan banget kan bedanya.


Minimal speed 4G adalah 10 Mbps, sering 20 Mbps, speed maksimal yang pernah didapet menyentuh 30 Mbps. Speed upload hampir selalu di kisaran 20 Mbps.

Tapi seperti dibilang di atas, speed 1 Mbps itu sebenernya cukup kok buat berbagai urusan. So... saya syukuri saja... mungkin ini bisa jadi cara biar saya gak terlalu sering terganggu oleh social media dan... ya begitulah...


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Gue malah bersyukur, Koneksi internet balik ke zaman batu"

Post a Comment

ads bawah