Ads

Sombongnya Diriku

Kalian pernah gak ngerasa jatuh dan susah banget mau bangkit?

Lalu apa yang kalian rasakan saat jatuh tersebut?

Apakah masih ngerasa hebat dibanding orang lain?

Jika iya, bukankah sekarang kalian berada di bawah?



Jika boleh saya menamakan diri saya saat ini; maka TERJATUH mungkin adalah kata yang tepat.

Saya tidak tau apakah saya jatuh karena tersandung batu, atau karena ada kubangan, atau dijorokin oleh orang lain, atau justru akibat dari kesombongan yang melihat sebuah rintangan tapi bukannya mengindar justru nekad untuk menabraknya?!

Tapi dalam jatuh ini, saya sering kali bersyukur.

Memang kadang kumat.

Tapi saya lebih memilih bahwa justru karena jatuh inilah saya akhirnya gak bisa lagi memandang orang lain lebih rendah.

Ya kadang saya benci pada seseorang yang banyak lagak, fake, dan sok pinter.

Tapi bukankah saya juga begitu?

Hikmah dari jatuhnya saya adalah saya gak bisa lagi menganggap diri saya lebih baik dari orang lain.

Di banyak bidang yang tentu saya gak bisa beri tahu semuanya.

Ya saya punya beberapa kelebihan dibanding sebagian orang lain. 

Namun saya juga punya banyak kekurangan yang bagi sebagian orang lain adalah sesuatu yang fatal.

Sepinter2nya saya di suatu bidang, ternyata bodoh banget di bidang lainnya. Misalnya bodoh dalam mengambil keputusan...

Lantas bagaimana?

Entah salah atau benar, tapi saya yakin semua yang terjadi ini adalah atas Kehandak Allah.

Gak akan bisa dihindari.

Yang sudah terjadi itu semuanya adalah takdir.

Maka....

Ya terima saja.

Jika merasa punya banyak kesalahan, bukankah manusia memang tempatnya salah dan dosa?

Salah jika merasa bahwa cuma "saya" yang melakukan salah.

Semua manusia selain Nabi pasti pernah melakukan kesalahan.

Jangan terlalu minder.

Gus Baha pernah ngajarin; andai semua orang ngerasa minder karena ngerasa gak pantes, bisa itu karena ngerasa gak punya kemampuan atau misal karena punya kesalahan, ya bagaimana Syiar Agama akan berjalan? 

Maka,

Tetaplah percaya diri namun jangan ngerasa lebih baik dibanding orang lain. 

Sombong adalah dosanya Syaiton. 

Sedangkan manusia itu memang tempatnya hawa nafsu.

Jadi, nomor satu adalah; JANGAN SOMBONG!!!

Hmm..

Kalau saya nginget2 saya zaman dulu, kok bisa ya saya sebangga diri itu?

Dan sepertinya saya sering sekali bersikap sombong.

Bahkan sampai saat ini pun masih sering kumat kok, ketika saya ngerasa lebih baik dibanding sebagian orang lain.

Ya sebenernya cuma di bidang tertentu aja.

Di bidang lainnya saya merasa super duper minder karena saya ngerasa saya udah gagal dan gak akan pernah bisa memperbaiki kegagalan ini.

Saya berniat fokus di bidang yang memang saya bisa percaya diri.

Biarlah saya gagal di bidang itu, mungkin suatu saat takdir saya ternyata bisa memperbaiki kegagalan tersebut dan bisa ikut berperan.

Why am I so stupid!?!!!!

ah

Gak apa-apa. I am only human.

Teruntuk kepada semua teman dan saudaraku, I am so sorry, maafkan saya untuk semua sikap saya yang menjengkelkan, menyakiti hati, dan melakukan hal-hal yang so stupid.

I am truly sorry.



Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Sombongnya Diriku"

Post a Comment

ads bawah