Ads

Merubah Kebiasaan Tidak Selama itu....

Pasti Anda pernah membaca, setidaknya mendengar dari teman Anda bahwa untuk merubah kebiasaan diperlukan setidaknya 40 hari, 60 hari, bahkan lebih dari 5 bulan.

Dan ya, elmuha juga percaya begitu. Sampai beberapa hari lalu, saya menyadari bahwa kebiasaan baru saya terbentuk hanya dalam hitungan hari. Saya tidak menyadari sebelumnya, tapi ketika diingat-ingat, iya ya, kok jam-jam waktu saya melakukan ini itu kok sama.

Lalu, ketika saya sedang mendengarkan beberapa video motivasi Mario Teguh yang saya download dari YouTube, ada satu kalimat beliau, yang menyatakan bahwa, tubuh kita bisa menuntut untuk melakukan sesuatu ketika kita melakukan berulang kali dalam 5 hari. Jadi hanya butuh 5 hari untuk membentuk jadwal baru yang akan dituntut oleh tubuh kita. Itu kata beliau.

Saya sepertinya setuju, karena sebelumnya saya mengalami sendiri kebiasaan/ jadwal baru saya hanya terbentuk dalam hitungan hari. Dan yang terjadi apa, tubuh saya seperti mendikte saya untuk melakukan itu lagi itu lagi di jam yang sangat mirip.

Jadi gimana dong, kita harus percaya pada artikel-artikel yang bilang 40 hari, 60 hari, atau yang ini saja, 5 hari?

Menurut elmuha gampang saja kawan...
Remember this!
Melihat angka 40 hari, apa yang Anda rasakan? Berani, atau malah pesimis duluan?

Gimana kalau kita awali dengan percaya bahwa memang hanya butuh 5 hari untuk membentuk kebiasaan baru. Lebih mudah bukan?! Just 5 days. After that you can do whatever you want...

Atau, kita bisa mempercayai bahwa lamanya waktu untuk merubah kebiasaan tergantung pada kebiasaan apa yang ingin kita bentuk. Misalnya, untuk kebiasaan olahraga rutin, mungkin memang butuh lebih dari 5 hari. Sedangkan membentuk kebiasaan tidur jam berapa, lalu makan jam berapa, dan aktivitas-aktivitas yang lebih ringan, bisa dilakukan hanya dalam hitungan kurang dari 1 minggu.

Yang jelas, elmuha ingin membuktikan lagi, apakah dalam 5 hari, kebiasaan yang ingin elmuha bentuk akan bertahan lama hingga berminggu-minggu, bulan, bahkan tahun ke depan. Semoga saja. (Muha)


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Merubah Kebiasaan Tidak Selama itu...."

Post a Comment

ads bawah