Ads

Find & Replace | Solusi Masalah Import Database CPanel & Server Hosting

Elmuha itu orangnya suka coba-coba, makanya banyak nyasar, tapi ketika nemu solusi, itu seneng banget karena solusi yang dilakukan berdasar dari percobaan sendiri.

Terserah orang mau bilang buang-buang waktu dan tenaga, elmuha seneng menikmati proses..

Nah, tadi siang, saya melakukan migrasi untuk salah satu blog elmuha dari penyedia hosting yang kurang bagus, ke yang mendingan, walaupun belum bagus juga sih. Dari server CrocHost ke HostGator, tapi reseller orang.

Malah IP host yang baru ini udah kena Blocklist di salah satu IP database.

Tapi kita coba saja lah gimana ke depannya..

Nah, masalah yang timbul adalah perbedaan bahasa program dari database server lama ke server yang baru. Bedanya dikit, tapi ampun bikin pusing.

Elmuha pernah cerita dulu banget di sini...

Dan yang saya alami tadi siang, lebih rumit.

Hampir saya putus asa dan berniat melakukan migrasi ala jaman batu alias semi manual yang bakal pegel banget karena harus set ulang beberapa format post.

Untungnya iblis penggoda itu segera pergi, atau mungkin malaikat penjagaku sudah mengalahkan sang iblis.

Elmuha segera cari lagi solusinya, mulai membaca log problem, detail demi detail, dan akhirnya coba-coba lagi..

Yang elmuha lakukan gak canggih, cupu abis malah, yaitu...

Find and Replace!

Cari bahasa yang ditolak database server baru, ganti dengan yang diterima. Misalnya utf8, atau utf8mb4_unicode_(kadang ada angka di sini)_ci


Saya bukan lulusan programming class, saya belajar otodidak dan ilmu pemograman web saya cupu abis, itu kenapa saya hanya coba2 menggunaan logika saja..

Ya alhamdulillah sih, akhirnya berhasil. Database berhasil terimport secara sempurna.

Jadi ini...

Masalah yang kadang timbul adalah perbedaan bahasa di database setting plugin, dalam hal ini yang saya alami adalah post-views.

Jadi kalau mau lebih mulus, mungkin sebelum backup, pluginnya diapus dulu yang rumit2 :D

Atau gak usah, dan nyewa tenaga ahli programming aja, biar mulus....

Atau, ya kayak elmuha, coba2 sampai nemu.

Elmuha bakal sering migrasi blog dalam 6 -12 bulan ke depan karena lagi bangun beberapa blog dan servernya belum bagus, ntar kalau udah migrasi ke dedicated server yang kredibel, di KnownHost misalnya, mungkin bisa lebih nyantai sih, semua blog dijadiin satu host aja, atau dua... cukup... gak ribet ngurus banyak hosting. Do'ain ya.... :)


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Find & Replace | Solusi Masalah Import Database CPanel & Server Hosting"

Post a Comment

ads bawah