Ads

Made in Indonesia, bukan China... Baju di Film USA Tahun 1991

Beberapa hari lalu saya kaget waktu nonton film thriller tentang serial killer berjudul The Silence of the Lambs.. Dan ini film Top bahkan masuk top 250 imdb.

Di salah satu adegan ketika si pelaku nyulik wanita.. lalu dilihat ukuran baju yang dikenakan si wanita (pelaku pinter ngejahit).. eh ternyata bajunya Made In Indonesia...

And btw, si wanita ini anaknya Senator loh.. baju mahal kan berarti!


Dari sini saya jadi punya keyakinan bahwa di zaman itu, ekspor Indonesia masih menguasai berbagai bidang, salah satunya tekstil. Dan ini bukan sekedar bahan kain loh, ini baju jadi.

Sekarang, kalau kita lihat di pasaran, kebanyakan baju itu Made in China ya kan..

Indonesia setau saya ahli bikin Sepatu, termasuk yang bermerk itu.

Salah satu kunci kemajuan sebuah negara adalah kekuatan ekspor. Dan bukan sekedar ekspor bahan mentah, tapi barang yang udah siap pakai, karena nilai barang jauh lebih tinggi, profit margin pun lebih gede sehingga devisa yang masuk juga gak main-main.

Kain adalah salah satu unggulan Indonesia untuk urusan ekspor, walaupun pelaku usaha masih rajin import dari China atau India.

Tapi di kancah dunia, nama Indonesia dibanding China itu udah jauh banget. Jarang saya nonton film dan lalu ngomongin barang buatan Indonesia, seringnya ya China kalau urusan produksi.

Indonesia seringnya muncul di film luar itu karena pemandangan dan tempat wisata yang menakjubkan, thanks to Bali.

Saya gak tau betul seperti apa kekuatan ekspor Indonesia di bidang pakaian saat ini, mungkin lebih kuat dibanding zaman Soeharto dulu, tapi saya lebih sering denger China, China, dan China..

Indonesia punya potensi luar biasa di banyak bidang.. ah, saya pengen majuin pariwisata aja lah :D

Sering kesel gak sih kalau ngelihat wisatawan Malaysia atau Thailand lebih banyak dari Indonesia? Padahal obyek wisata di negara2 itu cuma sedikit dibanding Indonesia.

Makanya saya dukung banget pemerintah untuk ngebangun infrastruktur.

Bonyoknya Indonesia di banyak bidang sangat dipengaruhi infrastruktur, kalian akan paham kalau udah ke luar Jawa.

So... kalau ada yang bilang pembangunan infrastruktur gak ngebantu orang miskin, duuhh.. itu BOONG banget dah.. KZL saya dengernya. Mikirnya mungkin terlalu sempit kalau sampai bilang gitu.

Jadi merembet ke politik kan.. udah lah.. saya sudahi saja. bye!


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Made in Indonesia, bukan China... Baju di Film USA Tahun 1991"

Post a Comment

ads bawah