Ads

Review TaffWare BM-800, Kenapa beli Mic Condenser murah ini?

Bertahun-tahun suka browsing gadget, saya hampir tak pernah terpikir untuk membeli Mic Condenser.


Bahkan pernah 2-3 tahun lalu ketika saya ingin buat video Youtube dan butuh alat rekam yang lebih bagus, saya malah beli headset yang harganya sekitar 150 ribuan, saya lupa.

Dan ternyata kualitas suara Mic-nya sampah banget.

Agak aneh memang, saya berani beli earphone harga lebih mahal, tapi gak pernah terpikir beli Mic dedicated..

Zaman sekarang....

Hasil suara dari Mic standar HP pun sudah amat sangat bagus.. Begitu juga Mic pada Earphone bawaan pembelian, rata-rata sudah bagus banget.

Tips agar hasil lebih bersih, gunakan saja Pop Filter yang bisa dibeli dengan harga paling murah mulai 25 ribuan rupiah. Mic pakai HP atau Earphone saja..

Terus kenapa saya akhirnya beli Mic Condenser murah?

...........

Nah, alasan saya membeli Mic Condenser adalah...

Entahlah, pas udah beli malah jadi mikir, ngapain beli segala yak.. kenapa gak pakai HP atau Earphone aja, dah bagus juga...


Tapi coba dengar perbedaan suara berikut ini.. Tiga sumber suara, HP vs Earphone murah bawaan HP vs Mic Condenser BM-800, murni tanpa edit atau efek..

Kondisi perekaman cukup berisik banyak anak pulang sekolah, hujan deres, tambah jendela kamar juga dibuka.. Let's hear it...

Eh, download aja ya kalau penasaran.. DOWNLOAD DI SINI. (ukuran 1 mb)

Ingat ya, HP pakai HP murah, Earphone juga Earphone murah...

Dari suara yang dihasilkan, memang BM-800 terdengar paling jernih dan noise juga lebih minim. Tapi suara dari Earphone pun ternyata cukup bagus, cuma perlu Pop Filter aja biar lebih bersih..

Suara dari HP murah saya terdengar agak cempreng, dan noise hujan lebih masuk. Hanya, sepertinya tak terlalu butuh Pop Filter juga udah lumayan bersih ya...

Jadi.. suara dari BM-800 memang bagus, memuaskan untuk saya apalagi ketika sudah diedit, namun dibandingkan HP dan Earphone, apalagi dari HP dan Earphone berkualitas, saya rasa perbedaannya gak sampai bumi dan langit..

Ya maklum saja, harga Mic BM-800 juga murah banget.. Tapi bukan murahan...

..........

So, let's start with the physical review...

Pertama kali ngebuka kardus, saya cukup kaget karena ukuran Mic BM-800 ternyata lumayan besar dari perkiraan saya.


Saya benar-benar terlanjur under-estimate ini Mic, lah gimana enggak, orang harganya murah gini.

Ukurannya standar Mic, dan build quality bagus banget.

Mic berasa kokoh, dan cukup berat juga jadi gak goyang-goyang ringkih macam barang murah, BM-800 kerasa lebih mahal dibanding harganya..

Ada bonus Pop Filter bawaan atau lebih pas kita sebut Windshield, plus ada bonus holder anti goyang juga..


Cuma.. saya beli yang paket paling basic, jadi gak ada tripod, atau monopod..

Tadinya saya mau beli lengkap semua aksesoris, termasuk Mic Stand, Pop Filter tambahan, serta Phone Holder, namun bobotnya jadi 5 Kg, tentu saja Ongkirnya juga jadi 5x lipat, saya urungkan deh.. males amat dah bayar 50 rebu dari Jakarta ke Bekasi, hahaha..

Mending Gojek dah kalau beli sepaket, karena lumayan berat itu Mic Stand ataupun Lazy Pod yang mau saya beli..

Yang bikin takjub juga adalah kabelnya, panjang sekitar 2 meter, dan ukurannya besar macam kabel Mic betulan... Cukup kokoh lah..


Bahan plastik Holder anti goyang-nya juga kokoh banget, apa ya, macam plastik lentur yang kuat banget itu, dibanding harganya, tentu saya takjub..

Inilah enaknya kalau gak berharap terlalu tinggi, jadi gampang puas dan bahagia.. hahaha..

Bagaimana dengan kekurangan BM-800?

Hmm.. well.. gak ada untuk sekarang.

Saya harus bertapa 3 hari 3 malam untuk nemuin kelemahan Mic Condenser harga murah ini.

Kalau harganya 500 rebu misalnya, berani deh saya cantumkan kekurangannya.. lah ini murah beud gini..

UPDATE: Saya akhirnya sadar satu kekurangan BM-800; saya gak suka warna emasnya.. tapi gak terlalu masalah karena windshield hampir selalu akan terpasang..
Kalau buat HP, beli juga audio SPLITER nya yak!!

Pernah saya nonton video perbandingan Mic Condenser harga 20 dolar, vs 150an dolar vs 500an dolar vs belasan ribu dolar, ternyata yang 20 dolar bukan yang paling buruk di telinga saya..

Kadang saya gak ngerti gimana sih perusahaan Chinese bisa bikin produk bagus dengan harga luar biasa murah sangad begini.. Gak aneh ekonomi mereka meroket dengan mudahnya...

Oke.. mungkin saya terlalu lebay..

Mungkin juga ini akibat dari saya yang udah under estimate duluan sebelum barang datang...

Soal suara.. so far puas banget karena saya tentunya gak ngebiarin tanpa edit..

Noise Reduction itu wajib, plus sedikit Amplify dan Echo, ini ibaratnya seperti pakai Mixer, tapi digital. Gitu lo...

.........

Banyak yang penasaran gimana kualitas BM-800 untuk SMULE. Saya cuma berani bilang, Pastinya BM-800 bakal ngehasilin suara lebih bagus dari rata-rata Mic standar ponsel atau Earphone murah.. so.. yeah.. beli aja gak apa-apa..

Kenapa saya gak beli BM-900?



Karena jarang yang beli, wkwk.. Saya mau yang pasaran aja dulu dah.. Yang udah terbukti memuaskan.

Tadinya saya mau pilih yang BM-900 dan sepaket dengan stand dan pop filter, bisa langsung colok ke laptop pakai USB, tapi butuh sound card, ada yang sudah built-in sound card, tapi sayangnya malah cuma ada colokan USB tanpa audio jack, belum pasti sih cuma ngeliat fotonya doang.

Jadi.. ya udahlah yang simple aja dulu..

Nanti mungkin next upgrade kapan2 ganti yang lebih bagus..

Sekarang sih, BM-800 aja daaaah..


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

2 Responses to "Review TaffWare BM-800, Kenapa beli Mic Condenser murah ini?"

  1. Kak, aku kan beli mic Taffware BM-800 trus tiap enable microphone pasti slalu ada buzzing sound, ga peduli micnya tercolok atau gak. Kakak pake sound driver apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh, berarti buzzingnya dari mic?

      kalau pas dicolokin terus outputnya ada buzzing, itu memang udah cacat sound cardnya.. mesti pakai external mungkin.

      kalau buzzing dari mic, kayaknya produknya cacat dah itu.

      Delete

ads bawah