Ads

Pindahan Hosting Website WordPress GAMPANG Banget Pakai Plugin ini!!!

So, Anda mau mindahin website WordPress dari hosting lama ke hosting baru?

InsyaAllah guampil banget pakai plugin satu ini!

Kalian tau kan bahwa di sana ada plugin terkenal yakni All in One Wordpress Migration dan Duplicator?

Tapi keduanya gak memenuhi kebutuhan saya saat ini.

Apa itu?

Host saya udah gak sanggup ngompress ke ZIP karena kapasitas penyimpanan hosting lama sudah melebihi 100% alias over limit.

Sedangkan kalau mau di-export ke Drive atau Cloud Storage, itu mesti pakai layanan pihak ketiga dan rata2 bayar!

Jadi, mesti download dulu, lalu upload lagi.

Gak masalah sebenernya, hanya.. itu tadi, kapasitas hosting lama saya tidak mengizinkan..

Ini hosting adalah salah satu dari beberapa host yang saya pakai saat ini.

Blognya cukup sukses; wkwk... walaupun.. ya gitulah..

Jadi mesti pindah karena limitnya terlalu kecil di situ, ini hosting HostGator versi reseller btw...

Untuk SEO, elmuha rekomendasiin si hostgator tuh.. lumayan cepet jadi..

Tapi pastinya cuma faktor kecil saja untuk performa sebuah website.

Lalu, ketika sedang iseng2 browsing cara mindahin website tanpa MANUAL (karena jujur aja lagi males banget, padahal dulu beberapa kali ya cukup gampang)..

Dan ketemulah ama gadis jelita ini; saya ajak kenalan deh akhirnya..

Namanya siapa neng?

Uh, ah, uhm... nama eneng Migrate Guru..


Nah loh.. gak cucok amat dah cantik2 kok namanya gitu!

Ya maklum aja, baru denger jadi agak aneh gitu ya kan...

Yaudah, setelah melakukan taaruf dan ijab qabul, akhirnya.... duh duh duh....

Asli, ini gimana sih kok bisa jadi gini bahasanya...

Fokus fokus woyyy!!

Proses migrasi Migrate Guru ini simpel banget...

Jadi, dia bakal download dari hosting lama kita, lalu transit sementara di web dia, baru deh, dimasukin ke hosting baru kita.

Yang dibutuhin cuma nama domain, IP host domain tsb, username cpanel, dan passwordnya.. Btw, saya pilih yang menu Cpanel, karena host baru saya gak tampil di situ.

Udah gitu doang.. dan dia pun melakukan pekerjaan berat tsb..

Proses untuk mindahin blog saya yang besarnya sekitar 770an MB, itu cepet banget, gak sampai 30 menit ya..

Dan... kelar!!!


Ketika domain diganti nameservernya, lalu saya buka pakai VPN (biar gak nunggu 24 jam), keliatan deh blog tsb sudah benar-benar pindah, sempurna hampir 99.99%

Waduh, caranya terlalu gampang untuk sebuah plugin gratisan!

Fyi, letak blog di hosting lama saya ada di Add-On domain, sedangkan hosting baru, tadinya di Add-on domain, tapi belum berhasil, akhirnya saya minta hosting provider buat ganti primary domain, dan lalu gagal karena IP server sama IP server setelah primary domain diganti, itu beda!

Ini penting!

IP server domain!

Setelah saya pakai IP sesuai info di laman Cpanel (bukan di client area hosting), berhasil deh!!

Saya mindahin dari domain.net ke domain.net. Sama domain, beda server!

Kalau mindahin dari domain ini ke domain itu alias beda domain; itu juga bisa banget, udah saya buktikan!

Yang belum berhasil, dan mau saya coba, adalah mindahin ke Add-On domain, atau bahkan Sub Domain.

So.. gitu aja, jadi kalau kalian mau mindahin web wordpress dengan plugin gratis, tanpa repot, dan insyaAllah pasti berjalan mulus, maka, pakailah Migrate Guru!

Plugin mantul!! Gak pakai repot, gak pakai bayar. Ada versi developer buat migrasi lebih dari 5 website.

Hope it helps!


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

1 Response to "Pindahan Hosting Website WordPress GAMPANG Banget Pakai Plugin ini!!!"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

ads bawah