Ads

Kelemahan Paket Internet Telkomsel Flash + Yang Ada Midnight-nya

Di sini saya akan berbagi pengalaman selama menggunakan paket internet Telkomsel Flash. Jika dihitung sejak dulu, sekitar 2.5 tahun saja saya berlangganan tiap bulan.

Selain Telkomsel Flash, saya juga pernah menggunakan paket internet Smartfren selama lebih dari 2 tahun, dan juga XL untuk mendampingi paket internet normal saya, baik Telkomsel Flash ataupun Smartfren.

1-2 Tahun terakhir saya hanya aktif menggunakan Telkomsel Flash, kadang-kadang dilapisi juga dengan XL Super Ngebut yang hanya digunakan untuk streaming video/film. Modem/ tablet Smartfren saya istirahatkan sementara.

Jadi, kira-kira saya punya pengalaman yang cukup lama dengan Telkomsel Flash, terutama 1 tahun terakhir. Perlu diketahui juga bahwa saya tidak hanya menggunakan 1 paket internet Telkomsel Flash. Saya perlu beberapa paket internet untuk mengakomodasi kebutuhan internet. Bahkan saya menyimpan 4 kartu Telkomsel dan 1 kartu XL.

Sekilas Info: Elmuha barusan bikin FP facebook khusus untuk topik provider telekomunikasi Indonesia, kalau mau dapet update tentang paket internet, promo, dsb, jangan lupa like fanspage tsb ya, alamatnya di sini; https://www.facebook.com/Operator-Telekomunikasi-Indonesia-625979790912035/

1. Oke. Sekarang kita fokus ke kelemahan Telkomsel Flash NORMAL dulu.

Saya biasa beli paket Telkomsel Flash Kuota 3.5 GB + 1 GB Midnight yang harganya 135 ribu (tergantung Zona), baru sekali pakai yang 8 GB harga 260 ribu.

Kelemahan: Koneksi internet agak lambat di jam 6 sore sampai jam 10an malam. Sebelumnya tidak sama sekali, namun beberapa bulan terakhir terasa lambat koneksinya, untuk ukuran Telkomsel Flash loh yah. Kalau dibandingin dengan Smartfren dan XL, tetep lebih cepat dan lebih stabil.

Untuk paket ini, saya tidak terlalu memperhatikan kuota Midnight karena saya sangat perhitungan menggunakan kuota normal ini. yang jelas, tidak pernah terjadi sesuatu yang merugikan. Bisa dikatakan, prioritas paket internet ini termasuk yang paling tinggi dibanding lainnya, akan kita bahas di nomor berikutnya.

Oh iya, btw... saya menggunakan kartu untuk paket internet standar ini di modem dan kadang di smartphone. Di modem terasa selalu lebih stabil.

2. Pindah ke paket Midnight (yang sekarang sudah sangat terbatas menunya)

Sebelum dihilangkan dari *363#, saya selalu mendampingi paket internet Telkomsel Flash nomor 1 di atas dengan paket midnight. Biasanya pakai yang 2 GB 7 hari per minggu. Sekarang sudah gak ada, gak tau akan ada lagi atau ga.

Saya sekarang pakai simPATI Loop dan/atau Midnight Rp 5000/ 1 GB. (daftar; SMS FUN ON 5000 kirim ke 3636)

Kelemahan: Hampir gak ada. Karena fokus di kuota midnight, saya tidak khawatir kesedot kuota utamanya. Soal koneksi juga selalu bisa diandalkan, FAST! Jelas karena digunakan di waktu yang non-prime alias gak sibuk.

3. Paket TAU (Telkomsel Android United)

Saya sudah pernah membuat artikel khusus tentang kelemahan TAU ini. Saya ulang sedikit...

Paket TAU ini tentunya cuma untuk 3 bulan atau 3 kali pembelian saja. Lalu... tidak bisa lagi. Elmuha yakini paket ini hanya untuk promo saja, memperkenalkan kualitas paket internet Telkomsel Flash.

Kelemahan: Penghitungan kuota sering ngaco... cek kuota hasilnya bisa berubah-rubah. Tapi karena saya beli paket ini untuk segera dihabiskan dan ga terlalu ambil pusing, saya terima saja meski kuota normal tiba-tiba terkurang banyak.

Saya beli paket TAU sampai 6 kali seingat saya, dengan kartu dan smartphone yang berbeda. Soal koneksi, ga terlalu ada masalah dengan TAU, sama seperti paket-paket internet Telkomsel lainnya.

4. Paket Internet Telkomsel simPATI Loop

Elmuha tebak sih, simPATI Loop ini salah satu strategi Telkomsel untuk menyaingi paket internet XL Super Ngebut.

simPATI Loop fokus ke kuota midnight dengan bonus kuota di jam normal. Cuma anak muda atau yang suka begadang yang cocok pake paket simPATI Loop ini.

Harganya tergolong murah, 60 ribu bisa dapet 11 GB + 600 MB, Sorry, salah ketik, mestinya + 1,2 GB, mirip sangat dengan XL Super ngebut. Namun koneksinya di tempat saya relatif lebih baik.

Kelemahan: Penghitungan kuota agak merisaukan. Elmuha juga mengalami langsung, kuota di jam normal tiba-tiba HABIS tak tersisa, padahal.... paket ini selalu saya pakai di jam midnight untuk buffer video, sedangkan di jam normal cuma buka website-website normal tanpa banyak kuota yang dibutuhkan.

Di hari ketiga, kuota 600 MB di jam normal, habis! Kemungkinan ada permainan yang kita GAK TAU apa. Saya sempat menebak, sepertinya mereka memainkan jam midnight, merubah dari jam 6 ke jam 9 dan sebaliknya.

Update: Kejadian kuota 1,2 GB habis tiba2 ini sudah mulai tidak saya rasakan 2 - 3 bulan terakhir.

Pernah kan Anda beli paket midnight atau paket biasa yang ada bonus midnight-nya, lalu keterangan midnight-nya berubah-rubah, kadang jam 8.59, kadang jam 5.59 (atau 6.59, lupa). Coba??? Apa maksudnya begitu? Bikin pusing banget iya, tapi Elmuha tadinya selalu acuh dengan keterangan tsb karena yang dialami selalu sampai jam 9 pagi itu.

Sejak mengalami kuota normal habis berkali-kali padahal selalu menggunakan kuota untuk load laman berat di jam midnight, semakin yakin ada pengaruhnya itu permainan!

UPDATE NOV/DEC 2015: Kejadian kuota keambil, selama 3 bulan terakhir elmuha rasa udah gak ada lagi. Bahkan beberapa hari terakhir, selalu ada notif SMS yang ngasih tau bahwa kuota yang digunakan kuota midnight atau kuota normal. YANG MENGESALKAN sekarang, beberapa minggu terakhir mungkin, koneksi sering putus di waktu midnight (dan selain midnight juga sih). Jujur ini AMAT SANGAT MENGESALKAN. Kenapa? Karena elmuha harus buang-buang ratusan MB kuota tiap download gagal. Saya gak pakai software Download Manager karena itu mesti bayar dan elmuha gak mau pake bajakan. Jadi kalau download langsung pake browser aja, seringnya di Chrome. Dan setiap download besar, misalkan 300 MB, baru 30%, koneksi putus atau lebih sering lagi, idle. Buat elmuha, mending putus sekalian dah dari pada idle, karena meski idle, cara normalinnya lagi mesti reconnect juga, sama aja. Nah, karena disconnect koneksi, maka download pun terputus. Mending kalo cuma ratusan MB. Elmuha juga beberapa kali download file 1 GB, baru 20% putus, dan itu harus ngulang lagi dari awal. Emang apa yang elmuha download? Biasanya banyak file dalam satu file ZIP/RAR. Elmuha bisa dibilang gak suka download film/game. Kelemahan Telkomsel midnight ini saya rasa cuma berlaku untuk yang suka download file besar dan gak pakai Download Manager, dan pake modem.
Misalnya kaya gini nih (update Januari 2016)
Kalo pake modem, cara satu-satunya yang works buat normalin koneksi sleep itu ya reconnect, dan kalo pake chrome, itu langsung error downloadnya. Kalo pake smartphone dengan tethering/ wifi, bisa lebih aman karena tinggal nonaktifin/aktifin data mobile tanpa disconnect wifi di laptop.

Tapi yang saya alami beda cerita, dua kali koneksi telkomsel sleep, dua kali download gagal karena download dari cpanel, berubah IP ya udah, disconnect dari cpanelnya.

Telkomsel really should do their homework.


Yang pertama tinggal sauprit lagi, lalu gagal, masi pake modem.

Yang kedua ganti pake smartphone dengan wifi tethering, ternyata sleep lagi, dan IP ganti, lalu gagal.

Yang ketiga, akhirnya bisa terdownload sempurna..

Setidaknya 400 MB terbuang.

Kejadian ini tentunya tidak selalu terjadi, tapi dalam sehari, pasti ada bahkan relatif sering. Kalau pake smartphone sih gak terlalu masalah, kalo pake modem baru dah berasa banget.

Speed sih oke yah, download speednya bisa maksimal 800an KB/s, itu pake browser.

5. Paket apa lagi ya....

Elmuha sempat beberapa kali menggunakan paket harian, mingguan, yang harganya di bawah 50 ribu. Kelemahannya ya gitu... cepet abis banget kuotanya :D

Jadi kalau Anda pakai smartphone canggih dan gak terlalu paham cara ngatur penggunakan koneksi internet, baik itu update aplikasi, feed apps, dsb..

SEBAIKNYA gunakan paket internet minimal 1 GB, agar gak kesedot pulsanya tiba-tiba. Udah terlalu banyak yang ngalamin, termasuk Elmuha juga.

....................

Saya lebih suka menjadi konsumen pintar yang ga terlalu ambil pusing dengan kecurangan (misalnya) yang terjadi dan dilakukan oleh provider-provider besar di Indonesia. Mungkin karena saya gak terlalu mengandalkan emosi ketika pulsa kesedot atau harus keluar duit lagi buat beli paket internet. Elmuha belum jadi orang kaya, tapi sangat bergantung pada koneksi internet, jadi udah kaya rokok bagi perokok aktif, cemilan bagi yang mulutnya ga bisa diam, bahkan NASI bagi hampir semua orang di Indonesia. Kira-kira begitu perumpamaan internet bagi saya, sangat dibutuhkan.

Sekali lagi, jadilah konsumen pintar!

Pilih paket internet yang paling sesuai kebutuhan, kalau bisa..... pisahkan kartu SIM antara paket internet untuk BEGADANG dan untuk JAM NORMAL/ JAM KERJA.

Plus, jangan beli paket internet yang terlalu kecil kuotanya, kalau lupa cek kuota, pulsa akan kesedot. Harga biaya internet tanpa paket itu SANGAT MAHAL!!!! Makanya jangan heran kalau cuma kelebihan kuota sedikit tapi pulsa puluhan bahkan ratusan ribu HABIS.

Semoga bermanfaat ya :)


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

109 Responses to "Kelemahan Paket Internet Telkomsel Flash + Yang Ada Midnight-nya"

  1. Dulu pake simpati loop tapi ga lama karena lemot padahal sinyal bagus & kalo pake paket flash lain lancar2 aja,

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua bulan terakhir ane pake loop buat paket tambahan, speednya cukup oke gan, apalagi kalo midnight, ga kerasa ada beda dengan paket lainnya. Memang kalo prioritas ane yakin ada di bawah T-Flash standar.

      Delete
    2. Mohon petunjjknya oom.. hak bisa Aktifkan paket Midnight ..
      Sdh berulang Kali Saya Coba FUN ON 5000 kirim 3636 kartu saya AS..
      awalnya saya Masih Ada Paket tp tinggal sdikit Makanya saya matikan, , bgt di aktifkan tak mau lg...
      mohon bantuannya ya oom mksh di tunggu

      Delete
    3. balasan SMS-nya gimana?

      Delete
  2. saya heran knp ya smartphone sy.. kan pake internet dr mentari tp ko pulsa simpati loop saya ikut habis setiap isi pulsa berapa mnt kmdian pasti hbs pdhl yg sy pake itu yg mentari bwt intenet... mohon bantuannya ya ka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smartphone-nya bisa aktif internet kedua SIM?

      Coba atur lebih cermat di pengaturan dual SIM nya.
      Periksa juga di *887#
      transaksi apa yang dilakukan sehingga pulsa terpotong.

      Delete
  3. Mau nanya nh broo ane pke simpati biasa sedangkan cwek ane pake simpati loop kok harga paket flashnya beda yaa, murahan paket flash simpati loop cwek ane.
    Knp bgtu yaa??padahal tinggalnya deketan cuma beda kelurahan doang, klo dilihat dari segi harga lokasi.

    Kira" klo ane ganti simpati loop juga bakalan sma ga yaa harga paket flashnya tp tetep registrasi pake alamat ane yg dulu di simpati biasa.

    Soalnya denger" harga paket tergantung lokasi kitakan klo paket flash.
    Mohon pencerahannya broo thx.

    ReplyDelete
  4. Ane jual trik telkomsel kuota reguler + midnight minat invite 5a648c0d

    ReplyDelete
  5. Ane jual trik telkomsel kuota reguler + midnight minat invite 5a648c0d

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. kalo sekrang simpati discovery tiap 5 menit ato 10 menit putus harus on off data baru nyambung lagi... nyebelin kalo buat gamer

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, komen ini kok terlewat dari pantauan ane :D

      betul gan, memang ngeselin banget,

      Delete
    2. Telkomsel memang beda, boros bngdt.
      kenapa? saya yakin telkomsel beda dalam masalah system kuota, ceritanya gini.
      biasanya saya kuota pakai axis, karna selain harganya murah, axis server nya jarang error, beda sama 3,telkomsel,sama indosat, jadi mereka kalo hujan ,walau sinyal ada tapi internet gk konek, dan itu sangat mengganggu, apalagi kalo waktu war mau habis kesal nya minta ampun. eh saya pindah rumah ke tempat yg sinyal axis mentok di edge, yg paling bagus sinyal nya cuma telkomsel, ada indosat tapi kadang H+ nya suka gk stabil naik turun, pertama saya coba pakai indosat yg 2Gb tapi terganggu kalo war, karna H+ hilang jadi terputus. lalu saya coba beli lagi yg telkomsel 4Gb walaupun mahal sma indosat msih ada kuota juga gpp yg penting war lancar, tapi memang masalah masih ada, yaitu kalo hujan suka gak terhubung, tapi gpp lah dari pada tidak sma sekali, lalu karna mahal saya coba mengirit kuota, dgn tidak berani streaming atau download apapun kecuali dgn jaringan wifi, tapi benar2 aneh paket belum sebulan udah habis, bayangkan 4Gb habis padahal udah di irit2, beda pada saat saya pakai axis, walau cuma 2Gb tpi suka kuat sampe 1blan kadang lebih. yg jadi pertanyaan telkomsel udah saya irit2 bngdt, tapi borosnya melebihi dgn pemakaian royal ketika pakai axis,dan kuotanya malah lebih gede.
      saya sekarang masih pakai telkomsel karna terpaksa memang sinyal di rumah saya cuma telkomsel yg bisa sampai H+, dan untuk ke dua kalinya sekarang yg 4Gb udah habis walau belum sebulan, ini juga saya browsing pakai paket beli dulu cuma 60Mb, masalahnya saya kesal bngdt sama telkomsel, tapi mau gimana lagi yg ada cuma ini, pahit manis saya telan.

      Delete
    3. Aku juga ngalamuin ini, harus selalu refres data selulernya

      Delete
  8. saya kemarin baru beli simpati loop terus skrg pake paket internet yg 12,2gb tapi kenapa ga bisa nyambung Internetnya ya, padahal data seluler aktif sinyal bagus tp ga ada huruf h+ atau e di bar sinyalnya, harus digimanain ya mohon bantuannya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm... apanya ya, coba diutak-atik lagi pengaturannya. barangkali hp nya dual sim. coba restart juga hp nya.

      Delete
  9. bro gw make paket MDS Gila OnLoop yg 16gb. gw mulai start internet jam 5 pagi dan selesai jam 8 pagi. tapi yg berkurang paket siang gw(09.00) padahayang seharusnya berkurang itu yg pake 00.09

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro emang kadang gitu, sering juga itungan2 kuota gak konsisten kadang naik sendiri kadang turun. dan yg paling ngeselin kalo kuota siang kepake di waktu begadang.

      gw udah ngalamin berkali-kali, hilang ratusan mb kuota siang. ini bugs loop yang nonsense...

      Delete
    2. Sama bro aku juga baru beli kuota lagi 3 harinya udah abis -_- padahal download yg besar besar juga dibawah jam 9 -,-

      Delete
    3. Sama bro aku juga baru beli kuota lagi 3 harinya udah abis -_- padahal download yg besar besar juga dibawah jam 9 -,-

      Delete
  10. Thanks gan... Kalo gak sering pake flashdisk saya kira aman ya, tapi kalo pake, kayaknya terpengaruh juga ya gan.

    Yang agak membingungkan, masalah koneksi labil ini juga terjadi ketika pake smartphone, jadi solusi disable USB storage blm bisa dilakukan di kondisi itu.

    ReplyDelete
  11. permisi mau nanya, saya beli telkomsel simpati dengan flash 4GB langsung, tapi ga bisa di pake (mobile datanya ga mau jalan)
    itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek *889# dulu, atau SMS FLASH INFO ke 3636. ada paket yang aktif atau ga?

      BTW, itu maksudnya beli perdana yang udah bundling paket atau beli paket di *363#?

      Delete
  12. kalo saya daftar loop kita.. tp quota nya gak kepake, malah pulsa utama.. itu gmana ya mimin?? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diperhatikan keterangan kuotanya, berlakunya gimana, jam berapa.. kalo yakin gak ada masalah, coba restart hp juga.

      saya belum pernah pake loopkita, jadi gak ada pengalaman.

      Delete
  13. Tolong dong gan Ane download di Google Play lumayan kenceng tapi kalo buat download di browser lemot Parah,mentok 64kbps,trus sering mati mati,solusi dong gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Download lewat browsernya juga di HP gan?

      Teori ngarang ane, ada beberapa apps/ software yang seakan punya download accelerator jadi bisa lebih cepet dibanding speed browser. udah sering ane ngalamin.

      Faktor lainnya adalah, server google play itu tangguh banget, cepet dan super enteng, seperti halnya google dan youtube. otomatis download juga lebih cepet.

      Kalo download lewat browser, belum tentu server location file yang ingin didownload itu bagus, ringan dan cepat. Malah kebanyakan justru sebaliknya, jauh lebih lelet dibanding server google.

      Jadi normal banget kalo download di google play lebih cepet.

      Untuk download lewat browser biar cepet, ane belum ada solusi, tapi coba dulu pake operamini atau uc browser. cuma buat download. dan sebisa mungkin cari server yang bagus, emang sih butuh pengalaman lama biar tau lebih cepet.

      Delete
  14. mau tanya nih kan saya udah beli paket mds 16gb dan saya mau menambah flash normalnya dengan beli kuota flash lagi tapi beda paket..
    apakah kuota saya yg MDS 16gb akan hilang dan keganti paket flash yg Paket OnLoop .?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo jenis paketnya beda, setau saya kehapus. tapi gak selalu juga, ada beberapa yang bisa numpuk.

      kalo beli paket mds lagi aja gimana?!

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Gan mau nanya,klo buat internetan,mending pake Xl apa Telkomsel Loop,soalnya saya ada 2 kartu,dan masing2 kartu ada paketan midnight???

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ngetik panjang keapus gan.

      intinya; Loop lebih kenceng kalo sama-sama standar.

      kalo midnight, Loop juga tetep lebih kenceng tapi ane yakin XL lebih stabil. lama gak pake XL Super Ngebut, cuma kemaren nyoba yg 20rb. Loop masih sering idle, mesti reconnect. ya gak sering2 amat sih, tapi terhitung sering.

      ane blm pake 4G, dan speed XL lagi mengecewakan di banyak waktu. Loop mah ngebut terus bisa dibilang, paling cuma kalo abis maghrib leletnya. tapi lebih mahal dibanding XL.

      ane pake dua2nya, ganti2an. XL 24 jam, Loop buat midnight pas 1.2 GB kuota normalnya abis (yg 60rb)

      Delete
  17. Mantab gan. Kalau saya sih biasanya beli kartu paket. Lebih simple. Kunbal ya gan ke komchar.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. Gan, klo misalnya saya punya paket flash yg 4gb/30hari (dlm keadaan pakai/belom habis) trus ane mau beli paket loop yg 11gb MDS itu, nanti kuota di paket yg lama akan diakumulasikan apa keganti kuota di pket loop yg baru ya gan ? Tolong penjelasannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ngetik panjang tapi malah jadi khawatir menyesatkan :D jadi mending saya jawab; saya gak tau pasti gan.

      kalau saran, mending beli kartu lain khusus untuk mds. lebih repot tapi gak khawator kuota utama kesedot.

      bahkan kemarin saya kesedot 900 MB kuota di jam normal, padahal cuma satu paket; loop. bugs loop masih sering kumat.

      Delete
    2. Yaudah gan, thanks bgt sarannya :D

      Delete
    3. gan kenapa yaa .tiba2 paket flash saya .berubah sendiri
      pertma dari paket murah 3 gb 20 rbu. tiba tiba berubahnya sendiri aja

      Delete
  19. Blm coba 3 paket reguler & kendo ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum ada niatan pake gan... duuulu banget pake 3, 4 tahun lalu. penasaran sih pengen nyoba, gimana speednya di tempat ane.

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Yang lebih aneh dari LOOP min, ane udah 2x kesal sendiri, beli kuota LOOP 6GB di *567#, kan dapetnya MDS 5,4 GB (12.00-9.00) + 600 MB (9.00-12.00) nah, ane streaming di YouTube tiap jam 1 malem keatasan biar kuota midnight yang kesedot, gak ada masalah dan lancar, terus pas mau tidur ane matiin HP biar paket datanya gak jalan dan baterainya hemat, nah disaat ane bangun besoknya sekitar jam 11 siang keatasan (maklum efek puasa :v) dan hidupin HP ada SMS masuk, "Pelanggan YTH, sisa kuota Flash anda 0kb" dan ane cek eh ternyata paket yang 600MB ane hilang alias habis gak bersisa, padahal masih ada sisa 560MB dihari sebelumnya, yang ane bingunin ane gak ada mainin tuh HP sedangkan ane baru bangun, udah 2x ane ngalamin kejadian gini min, ntah kenapa LOOP yang MDS bisa nyedot kuota siang walaupun kita mainin kuota midnight

    ReplyDelete
  22. Yang lebih aneh dari LOOP min, ane udah 2x kesal sendiri, beli kuota LOOP 6GB di *567#, kan dapetnya MDS 5,4 GB (12.00-9.00) + 600 MB (9.00-12.00) nah, ane streaming di YouTube tiap jam 1 malem keatasan biar kuota midnight yang kesedot, gak ada masalah dan lancar, terus pas mau tidur ane matiin HP biar paket datanya gak jalan dan baterainya hemat, nah disaat ane bangun besoknya sekitar jam 11 siang keatasan (maklum efek puasa :v) dan hidupin HP ada SMS masuk, "Pelanggan YTH, sisa kuota Flash anda 0kb" dan ane cek eh ternyata paket yang 600MB ane hilang alias habis gak bersisa, padahal masih ada sisa 560MB dihari sebelumnya, yang ane bingunin ane gak ada mainin tuh HP sedangkan ane baru bangun, udah 2x ane ngalamin kejadian gini min, ntah kenapa LOOP yang MDS bisa nyedot kuota siang walaupun kita mainin kuota midnight

    ReplyDelete
  23. Yang lebih aneh dari LOOP min, ane udah 2x kesal sendiri, beli kuota LOOP 6GB di *567#, kan dapetnya MDS 5,4 GB (12.00-9.00) + 600 MB (9.00-12.00) nah, ane streaming di YouTube tiap jam 1 malem keatasan biar kuota midnight yang kesedot, gak ada masalah dan lancar, terus pas mau tidur ane matiin HP biar paket datanya gak jalan dan baterainya hemat, nah disaat ane bangun sekitar jam 11 keatasan (maklum efek puasa :v) dan hidupin HP ada SMS masuk, "Pelanggan YTH, sisa kuota Flash anda 0kb" dan ane cek eh ternyata paket yang 600MB ane hilang alias habis gak bersisa, padahal masih ada sisa 560MB dihari sebelumnya, yang ane bingunin ane gak ada mainin tuh HP sedangkan ane baru bangun, udah 2x ane ngalamin kejadian gini min, ntah kenapa LOOP yang MDS bisa nyedot kuota siang walaupun kita mainin kuota midnight

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang gt gan.

      ane beberapa kali kesedot ratusan MB bahkan hampir 1 GB (paket yg 60 rb).

      beberapa minggu lalu ane bikin postingnya:

      http://blog.elmuha.net/2016/06/bugs-internet-telkomsel-loop-keterlaluan.html

      Delete
    2. Iya min, dan entah kenapa bug ini kayanya baru baru aja ada min akhir akhir ini, padahal sebelumnya gak pernah gini -_-

      Delete
    3. Sebenarnya beberapa bulan lalu ane pernah ngalamin beberapa kali walau modusnya beda, tapi emang yg parah yg akhir2 ini.

      Delete
    4. Ini kejadian bru semalam. Aq msh ada paket midnight sktran 1Gb lbh. Di daerahku ada jaringan 4G. Kbtlan kuota 4G msh sktran 4Gb. Aq nonton viu dgn hrpan kuota 4G yg kpake. Pakenya msh sktran jam 7 mlm smpe jam 11. Trus aq tdur kan. Bangun sktran jam 5 ada sms masuk kuota midnight hbs. Pdhl ga main hp dr jam 11 smpe jam 5. Kuota 4G brkrg cm sktran 200mb. Trus kuota normalnya ktmbhn 100mb. Itu knp yah bisa gitu???

      Delete
  24. Mohon Pencererahanya dong gua mau pake simpati loop karna Gua udah mumet pake XL gatau kenapa sinyalnya ga stabil padahal masih di daerah fatmawati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loop cukup oke gan, speed kenceng. Masalah koneksi yg gak stabil itu gak begitu masalah kalau pake smartphone. tapi kalo mau pake loop, harus siap suatu saat kuota siang kesedot walaupun gak selalu terjadi.

      coba aja dulu yang paket 30 rb (atau 45 rb ya, lupa).

      saat ini gw cuma make Telkomsel Flash regular (yang mahal bingit itu). Loop lagi brenti biar gak banyak buang waktu streaming macem2. hahaha.

      Delete
  25. Kouta ane kok tiba2 habis ya min, ane pernah beli telkomsel loop 4 gb harga nya 60 rbu, baru satu malem ane cek paket flash ane tgl 300 mb. Kok cepet banget ya abis nya, perasaan ane semaleman kagak ada buka ig, atau pun ngapain2.

    ReplyDelete
  26. Min saya mau nanya kan saya beli paketan TAU yang 2GB data + 2GB wifi . nahh pass hp nya di hotspot itu yang keambil malah kuota data bukan wifi . itu kenapa ya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang byk yg "ketipu" di kuota wifi ini. jd mksud kuota wifi itu sebenarnya kuota pake jaringan wifi hotspot telkomsel. kuota ga akan ngaruh, entah itu dipake di hp atau di laptop pake tethering wifi.

      Delete
  27. Saya pake flash paket juara 3G juga kuota saya sering hilang. Paling sering klo pagi hari HP baru diaktifin tiba2 kuota internet udah terpakai sampe 30 MB. Padahal belum browsing apapun dan belum aktifin socmed sama sekali. Klo setiap hari kehilangan 20-30 MB kan lumayan berasa dicurangin juga.

    ReplyDelete
  28. Aku pake paket yang tau terus kuotanya katanya abis. Ada yang bersisa tuh 8006 mb Flash 4g, tapi ga bisa dipake. Penjelasannya itu gmna? Ngerti sih dikit hehe tp pgn lebih jelas lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, memang sudah cukup jelas. kuota tsb bisa dipake kalau memang HP mendukung 4G dan berada di area yang udah dapet coverage 4G.

      Delete
  29. gan paket midnightnya dari jam berapa sampai berapa sih? buat yg loop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya, midnight telkomsel sama semua, jam 12 malam sampai jam 9 siang.

      Delete
  30. apakah kalau saya membeli paket internet loop hari ini, lalu membeli paket yang sama di keesokan harinya akan membuat quotanya replace atau ditambahkan
    #penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau paketnya masih satu jenis, akan ditambahkan/ akumulasi.

      Delete
  31. Gan mau tanya, aku kan paketan TAU 4G (500Mb + 1,5Gb data lokal + 8Gb 4G). Awalnya yg kepake yg kuota 3G. Trs semenjak kuota 3G habis dan skrg pake 4G, sinyalnya 1 garis trs. Syukur2 deh kl 2 garis. Trs juga sinyal 4G hilang2 mulu jadi H / H+ dan lemoooooooot sekali. Ga bisa di pake apa2 pdhl sinyal H+ ada 4 garis full. Kira2 tiap 10 menit sekali ganti H+. Itu knp yaa? Pdhl waktu pake kuota 3G fine2 aja.. Mohon pencerahannya gan :')

    ReplyDelete
  32. Gan mau tanya, aku kan paketan TAU 4G (500Mb + 1,5Gb data lokal + 8Gb 4G). Awalnya yg kepake yg kuota 3G. Trs semenjak kuota 3G habis dan skrg pake 4G, sinyalnya 1 garis trs. Syukur2 deh kl 2 garis. Trs juga sinyal 4G hilang2 mulu jadi H / H+ dan lemoooooooot sekali. Ga bisa di pake apa2 pdhl sinyal H+ ada 4 garis full. Kira2 tiap 10 menit sekali ganti H+. Itu knp yaa? Pdhl waktu pake kuota 3G fine2 aja.. Mohon pencerahannya gan :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sinyal 4G memang tidak seluas 3G/HSPA/H+. Dapet sinyal 4G sudah cukup beruntung.

      Kenapa sering ganti ke H+, saya pikir karena memang sinyal 4G nya belum stabil. Pake kuota 3G gak perlu sinyal 4G, itu kenapa baik-baik saja.

      ya kira-kira begitu :)

      Delete
  33. Gan..mksdnya "berlaku hingga 6 kali pembelian paket"
    Apa ya?
    Apakah hanya dibatasi bisa 6 x beli paket tsb/tahun atau bagaimana?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dulu gt, sekarang saya gak tau pasti. maksudnya 3x pembelian per kartu/HP.

      Delete
  34. saya pake simpati loop, di paketin ke flash tpi kq ga jalan ya? sinyal intrntnya ga jalan.. pengaturan sim udh aktif, pulsanya juga keambil tapi ga bisa internetan.. tolong solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setting mobile data sudah aktif?

      apa ada kemungkinan daerahnya memang belum dapet sinyal internet? (sesuai paket)

      coba cek melalui sms ke 3636 "FLASH INFO" jg.

      Delete
  35. gan apakah kasus pake paket midnight tapi yg berkurang kuota utama berkurang masih kejadian?
    soalnya ane baru aja daftar paket midnight07 yg 50rb 6 gb 00-07 5.4 gb dan 07-23 600mb
    nah kalo make yg 5.4 gb itu yg 600mb nya berkurang gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. komentar agan gak masuk notif (bisa gitu ya :D )

      Udah gak kejadian di ane udah 2-3 bulan terakhir yang jelas. Udah aman kalau masalah kuota, tapi ane selalu cek sih kalau jam 12 malam sebelum pake kuota midnight. trauma mungkin. :D

      Delete
    2. Sorry, komen sebelumnya saya ralat, di awal Juni ternyata masih kesedot, http://blog.elmuha.net/2016/06/bugs-internet-telkomsel-loop-keterlaluan.html

      tapi itu ceritanya agak beda. sepertinya bug loop ini masih terjadi cuma kadang-kadang aja. harus siap kesedot karena mau komplain2 males juga. meski udah ngecek di jam 12, tapi ternyata bisa kesedot juga,

      ah entahlah, memang keterlaluan.

      Delete
  36. Hayati lelah bang elmuha..
    Tiap download 300mb aja keputus dan mesti download ulang.

    Gegara loop sering offline sendiri..

    Tak kira aku aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dibanding malam-malam sebelumnya, malam tadi paling parah. Sering banget tiba-tiba idle inetnya, gak nyampe 5 menit bahkan.

      Sepertinya kelebihan beban dan prioritas koneksinya rendah dibanding jenis paket lain, waktu 2 bulan di Sumatra, bisa dibilang problem inet tiba-tiba putus di waktu midnight ini gak pernah terjadi, cuma lelet bentar tapi gak sampe putus koneksi, download aman.

      Yang sabar ya.... :(
      abang juga laa lelah sangat sabanarnyoo.

      Delete
  37. Mo nanya ttg paket telkomsel gigamax nehh gan..
    Sy ru nyoba paket gigamax yg 13GB seharga 85rb,.dpt 1GB 3G,5GB 4G dan 7GB viu..ketika sy liat film streaming lewat app viu bukannya kuota viu yg berkurang tp malah nyedot kuota 3G mpek hbs padahal baru 2 hr bli paket internetnya,tinggal yg 4G..sy lom paham maksudnya kuota internet yg viu tu apa ya??bukannya dipakai ketika kita nonton film via app viu ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan karena download aplikasi Viu tidak melalui proses yang disyaratkan Telkomsel.

      Coba baca2 di halaman berikut; http://www.telkomsel.com/simpati lalu buka tab FAQ VIU.

      Di situ dijelaskan bahwa download app Viu adalah emlalui link yang dikirimkan oleh Tsel.

      Delete
  38. sampai sekarang sya msh make simpati loop dr sktr 2 thn yg lalu. keuntungannya puas nonton youtube dan udh puluhan giga video tutorial yg gw download.. tp sering ngeselin klo sering ga jelas hitungan kuotanya, seperti yg mas sebutin diatas sy udh sering bgt

    klo yg mds nya ga pernah dpt smpai jam 9, jam 8 udh ngambil yg kuota 24 jam..skg ini jam 6.30 udh ngambil yg kuota 24jam..udh gitu makin kesini makin mahal..di tempat saya udh 67rb yg 11gb+1.2gb
    pernah jg kejadian dftar yg paket wiken, tp pas saya tethering ke laptop kuota yg didaftar utuh yg kepake pulsa utama..
    mgkn karena paling murah layanannya jg kesannya asal2an

    ReplyDelete
  39. ehem komentar paling atas smpe yg terakhir udh nyampe 1 tahunan :D

    1.telkomsel loop
    jaringannya kenceng dii tempat ane tp boros kuota,paket mahal,gk ada cara bwt nambah kuota normal/flash. paket yg utama malah midnight,gk 24 jam,bikin penyakit di suruh begadang gk sampe 1 minggu ngisi pulsa 100 rb buat paket habis yg kesisa cmn yg midnight itupun ada paket 2GB wifi bwt apa coba klo gk ada perangkatnya,trus klo kuota habis kepotong pulsa cmn 8Mb doank 14ribu kepotong pulsa.

    2.indosat
    indosat makin taun bnyk yg di rombak paketnya jadi tambah mahal gegara berubah jdi oredoo,kuota utama 24jam +bisa nambah ekstra kuota utama juga 24jam pure.
    tapi jam sore sampe 9an malam lemot,banyak intermiten gangguan.paket super internet gk nemu lg gw biasanya gw ngambil yg 600Mb 29K baru tambah extra kuota 2GB asli mahal tenan tp kuota 24jam.-_-

    3.XL
    menurut gw XL jelek gabungan kekurangan telkomsel sm indosat,
    mahal,lambat,kuota di kasih jam kaya minum obat.

    4.smartfren
    terakhir gw make smartfren masih jaman 3G kualitas ya standart lah kaya yg atas itu ber 3.
    mau nyoba beli yg 4G tapi sayang modem GSM masih bagus :'v

    yah itu smua pengalaman nyoba gonta ganti kartu..

    intinya info paket yg kita beli gk murni kena permainan elite lokal.

    *nunggu jatah kuota midnight bsa jd 24jam :v

    ReplyDelete
  40. Sepertinya Bugnya masih ada nih saya beli paket internet simpati loop yang 16gb kuota utama 3,5 gb dan midnightnya 12,5 gb pukul 00:00 s/d 07:00 belum sampai jam 7 udah kesedot kuota yang utama (sekitar jam 6:30 dan jam 6:05) udah 2x untuk bulan ini. mending paket indosat super Internet walau sedikit mahal.. mungkin juga pengaruh perpindahan zona waktu juga karena sebulan ini saya baru pindah dari NTB ke Tangerang (WITA ke WIB)..

    ReplyDelete
  41. Mau tanya nih, pake simpati loop, kuota midnight nya bisa pake jaringan 4G ga ya ato harus jaringan 3G aja?

    ReplyDelete
  42. Mau tanya nih, simpati loop. Kuota midnight nya bisa dipake di jaringan 4G juga atau harus 3G aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya midnight cuma 3G. tapi paket kuota 4G telkomsel itu jauh lebih murah dibanding kuota midnight, jadi menurut saya ga ada masalah di sini.

      Delete
  43. Gue pake flash,Gue nonton viu padahal ada kuota viu tapi yg kesedot kuota data gue.itu gimana tuh paket viu apa ada waktu pemakaian atau gimana yah? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak slah itu daftarnya harus ngikutin link yang dikasi di SMS. Bahkan pernah baca download app viu juga lewat link yang di SMS. Maaf belum pernah nyobain Viu.

      Delete
  44. Gan, saya pakai internet simpati loop 12 gb, yang di jam normalnya emang dikasi 600mb/hari ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang 12 GB biasanya 1.2 GB untuk jam normal. Tapi beda paket beda kuota juga kadang.

      Delete
    2. Kayaknya sih iyaa perhari dikasih cuma 600mb

      Delete
  45. Serasa di tipu, udaa berkali-kali kuota data flash habis. Padahal saya atur penggunaan datanya dan penggunaan data saya sedikit tp kenapa data flash saya langsung habis

    ReplyDelete
  46. Gan ane pake simpati ..
    Dapet kuota 30 gb dibagi"..
    Salah satunya paket flash midnight..
    Itu dipakenya dijaringan 3g atau 4g ya?
    Soalnya ketika saya youtobe pake jaringan 4g malah kuota yg flash local yg ketarik..

    Mohon bantuannya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang susah nyari ket midnight, 3G atau 4G. Tapi saya masih yakin kuota midnight cuma berlaku di jaringan 3G. karena itu, kalau di jam midnight, rubah jaringan ke 3G only aja.

      makenya pelan2 gan, lalu cek, yang kesedot yg mana, kalau udah yakin baru terusin.

      Delete
  47. Mau nanya gan, ane pake paket telkomsel yang harga 48rb dapet 2gb yang dipisah2: flash sama local+bonus 1gb midnight. kuota flashnya cuma dapet 500mb. kalo keluar kota biasanya paket data ane matiin, biar ngga ambil kuota flash. Nah, ngga tau kenapa paket flash ane tiba2 habis gitu. Padahal ngga pernah dibuat apa2. paket local malah ngga berkurang -_-". Sebel. ane jarang pake telkomsel untuk browsing2/streaming. Jadi sebenernya pembagian local sama flash itu gimana sih? Kalo streaming ane pake provider sebelah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya bugs Tsel, seperti kasus kuota normal dan midnight yang sering begitu.

      jadi ketika data off, lalu diaktifkan, kuota yang tadinya menggunakan kuota lokal, malah teralihkan ke kuota normal.

      malah mungkin kalau tidak di-off datanya akan lebih aman alias gak ketuker.

      perlu diperhatikan juga ketika menggunakan data di area lokal, sebaiknya cek dulu setelah beberapa lama internetan, mana yang berkurang kuotanya. setelah aman baru lanjut. kadang bugs Tsel itu kambuh2an.

      Delete
    2. o gitu gan, makasih pencerahannya

      Delete
  48. min, kalo kuota flash midnight itu katanya ada isu nya, kalo dipake malah kurangnya yg kuita regular, yg midnight tetep aja ga berkurang, padahal udh dpake jam 00-07 , ini gimana min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itu udah sering didiskusikan. memang susah sih. kalau saya biasanya ngecek di jam 12 malam lebih, pakai kuota sedikit, lalu cek kuota mana yang berkurang, baru lanjut pakai.

      tapi beberapa bulan terakhir saya belum pakai midnight lagi, ada paket 4G yang lebih murah. jadi belum ngetest gimana kualitas midnight Tsel sekarang.

      banyak komplain kayaknya, bugs-nya parah.

      Delete
  49. bang saya mo beli pket TAU yg 4G gmn bamg kualitas ya...dalam kecepatn ya stabil kga bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah lama bgt gak pake.

      tapi selama sinyalnya bagus sih, saya yakin stabil, karena dulu juga gak banyak masalah di TAU.

      bahkan midnight Tsel sekarang juga stabil banget di 4G. prioritas TAU sepertinya lebih tinggi dari midnight.

      Delete
  50. Mau nanya nih om momod ..
    Saya beli kuota telkomsel simpati 4G nah yg saya miliki :
    Kuota Hooq+Viu 15357 MB

    Paket Flash
    Kuota Flash4GLocal 169 MB

    Kuota Midnight07Local 11724 MB

    Kuota LocalData 1941 MB

    Kuota Flash 2048 MB

    Kuota Data 25 MB

    Nah yg saya tanyakan disini
    Utk local data ,flash dan mds ini mksudnya bisa digunakan jaringan 4G gak gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dr pngamatan sy, asalkan ada sinyal 4G, maka akan pake 4G. kcuali ada embel2 3g only.

      Sy cuma prnah coba midnight.

      Tes aja kalo gk yakin. Pake kuota dikit, lalu cek kuota mn yg brkurang.

      Delete
  51. Gan mo tanya dong,ni kan ku baru aja pertama kali paketin max loop. Nah kok masa aktif tiap jenis kuota beda beda.
    Ini kuota lokal n flash masa aktifnx tgl 1-6-2017 nah sedangkan kuota midnight malah 2-6-2017.
    Terus misal udah abis gitu harus paketin lagi manual atau bisa perpanjangan otomatis gak si? Btw pernah agan perpanjangan otomatis gitu?
    Nah kuota sisa bakal terakumulasi gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda masa aktif itu biasa banget. apalagi itu cuma beda satu hari, itu kan karena midnight baru aktif di jam 12 malam, artinya masuk ke hari berikutnya, sedangkan pas daftar udah lewat sehari, jadi tetap, totalnya mah sama aja.

      pas beli milih yang beli sekali atau berlangganan?

      atau lihat aja di sms aktivasi paket, kalau otomatis perpanjang, biasanya ada keterangan bakal diperpanjang di akhir masa aktif paketnya.

      sisa paket biasanya terakumulasi.

      ane gak suka otomatis2 paerpanjang gan. jadi manual sekali2.

      Delete
  52. Min mohon solusi, paket flash ane cepet habis dibanding paket 4Gnya, kenape ye? Padahal setteingya sdh Lte....

    ReplyDelete
  53. Min mohon solusi, paket flash ane cepet habis dibanding paket 4Gnya, kenape ye? Padahal setteingya sdh Lte....

    ReplyDelete
  54. Mau nanya nih,saya mau ganti paket discovery 30 GB ke paket combo.Tapi kuota midnight nya masih banyak.Kalau saya ganti ke combo,kuotanya hilang ga yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dr pengalaman2, skrg tsel selalu numpuk paketnya, ga ada yg hangus.

      Delete
  55. Gan mau nanya nih...
    Sya beli paket game *100#
    500MB allnet + 1,5 GB 4G
    Nah Yg allnet ketika saya lagi ngegame paket nya habis (otomatis ganti ke paket 4G)
    Ketika saya pake kuota 4G untuk ngegame,dikarnaakan koneksi saya sering berganti ganti ke H+
    Loh kok pulsa saya habis...
    Gimana dong gan cara ngatasinya.
    Thank You

    ReplyDelete
  56. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  57. Kalau kuota telkomsel yang flash/4g/midnight/kuota lokal/internet lebih bagus kuota yang mana menurut agan di speed?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuota reguler atau Flash itu prioritasnya paling tinggi, saya rasakan paling stabil. Tapi kalau soal speed, semuanya berjalan di kuota 4G asal HP nya mendukung. Bedanya cuma stabil atau tidaknya saja.

      Kalau diurutkan dari yang paling bagus menurut saya; Flash/Internet > 4G > Midnight/Lokal (mirip)

      Delete
    2. sorry, maksudnya, semua bisa berjalan di jaringan 4G walau kuotanya beda2.

      speed semua bagus, cuma tentu yang kuota reguler relatif paling bagus.

      Delete
  58. Gan tolong tanya , sy beli paket internet telkomsel Flash , ini paket internetnya untuk jaringan 4G LTE juga / hanya untuk 3G y?...klo misal jaringan sy ke 4G sendiri, kena sedot g pulsa nya?...thx

    ReplyDelete

ads bawah