Ads

Self Reminder | Post daily or....

Blog ini sebenarnya lebih sering berisi tulisan yang ditujukan untuk penulisnya sendiri. Kalau nyimpan di laptop, susah nyari, kalo ditulis di buku, ribet nyari, dst. Sedangkan kalau ditulis di blog, biasanya akan saya buka lagi beberapa bulan setelah posting. Karena itulah saya tidak terlalu memperhatikan kualitas, visi, misi, dan whatsoever dimana biasanya penting untuk sebuah "blog beneran."

Meski visitor blog ini lumayan, sekitar 1000an views perharinya, tapi visitor itu dateng bukan karena nyari artikel khas blogger yang biasanya panjang dan berkualitas. Kebanyakan nyari topik yang memang saya pernah tertarik dan curhat di blog ini. Misalnya motor vixion baru, saya menulis bukan untuk visitor, tapi lebih seakan curhat kalau saya suka motor vixion facelift baru ini. Atau cerita saya tentang pergi ke Pegadaian, cerita itu lebih ke wujud curhat saya yang cukup seneng karena bisa nemuin Pegadaian yang buka hari Sabtu, yah walau memang sejujurnya saya memasukkan banyak strategi SEO halus ke artikel tsb.

Yah begitu, rata-rata top posts di blog ini ya artikel yang sangat ringan, yang gak terlalu penting bagi kemajuan bangsa negara Indonesia ini. Jadi maklum aja ya....

-----------

Kepanjangan intronya...

Intinya, posting ini adalah salah satu posting yang ditujukan untuk diri saya, tapi mulai sekarang akan saya beri label di judulnya dengan "Self Reminder".

----------

Judulnya,

Berapa Banyak Posting yang Harus Kita Tulis Perhari?


atau,

Apakah Harus Posting di Blog Setiap Hari?


----------


Saya tiba-tiba punya pertanyaan seperti itu. Setelah selama 5 tahun lebih saya sellau memiliki ambisi untuk mempublish 10 artikel perhari, saya seperti kerasukan jin dengan bertanya, "sebenernya berapa sih artikel yang bisa kita tulis perharinya".

Lalu saya browsing, seperti biasa, pake bahasa English biar keren dikit... How many posts we can write per day.

Dan ketemu beberapa artikel keren, sebagian bilang, tergantung Anda, kalau bisa nulis tiap hari, bagus, tapi yang belum pun gak terlalu sedih karena kita mesti nyesuain dengan kemampuan dan mood kita.

Tentu elmuha yang sering haus ilmu ini gak puas dengan penjelasan macam itu.. haha

Ketemu lagi satu artikel yang bagus banget, meski agak ekstrim judulnya, kira-kira artinya, "Bodoh sekali jika kita menargetkan bisa menulis setiap hari".

Dan bagus banget apa yang dia katakan,

Intinya; kita perlu waktu lama untuk mempersiapkan bahan tulisan, lalu merangkai artikel, memeriksa beberapa hari, hingga sampai artikel dipublish, kita masih perlu mepromosikan. Itu membutuhkan waktu bisa sebulan hingga 6 minggu.

Wow sekali ya,

Berarti dalam sebulan kita cuma bisa nulis 1 artikel. Apa bisa kita tiru?

Buat Anda yang menjalankan blog sebagai "penghasilan" tambahan, tentu itu gak masalah sama sekali. Tapi bagi yang mencari duit utamanya lewat artikel-artikel di internet, perlu waktu lama hingga nanti ada saatnya kita hanya perlu menulis 1 artikel per bulan.

Jadi,

Yang bisa elmuha ambil ilmunya, ada dua jenis website dimana kita harus memperlakukan dengan cara yang berbeda pula.

Ambil contoh blog strategimanajemen.net yang dimiliki oleh Bung Yodhia, blog tersebut hanya diupdate setiap senin pagi, dan itu sudah dijalankan secara konsisten sejak lebih dari 5 tahun yang lalu. Sempat nambah hari kamis juga tapi hanya berjalan beberapa bulan.

Efeknya, artikel yang tersaji benar-benar memiliki kualitas jempolan. Selain artikel tsb ditunggu-tunggu para subscriber dan fans karena hanya terbit mingguan, namun hasil nulis dengan bahan yang diracik tidak semalam membuatnya pantas untuk dibagikan lewat media social oleh para pembacanya.

Saya sendiri punya banyak blog dan website, jenisnya beda-beda, ada satu yang benar-benar perlu diupdate banyak artikel dan posting. Karena itulah saya menargetkan bisa posting 10 artikel perhari dari dulu, beberapa kali berhasil tapi lebih banyak gagalnya. Mudah-mudahan rate success di tahun 2016 ini lebih tinggi ya.

Gak harus seterusnya 10 artikel perhari, setelah website solid, tentu kita hanya perlu rutin update, bisa 1 perhari, bisa 3 hari sekali.

Syaratnya, setelah web tsb solid memiliki ribuan, puluh ribuan, dan ratusan ribu pengunjung perhari.

Setelah itu, elmuha mungkin bisa santai untuk mengupdate banyak blog lain yang lebih sebagai sarana dakwah dan menyalurkan visi misi elmuha di dunia ini.

Blog-blog yang punya visi misi ini lah yang perlu waktu beberapa hari untuk satu artikel. rencananya, blog JM misalnya, akan saya update seminggu sekali dengan kompilasi agenda dalam satu minggu, updatenya berupa artikel dan video. nice... Sedangkan untuk video review, update bisa 2 kali seminggu, dua gadget seminggu.

Alright... sekian...

Image dari elegantthemes,



Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Self Reminder | Post daily or...."

Post a Comment

ads bawah