Ads

Tantangan berat ngebangun channel YouTube tu ini, apa rahasia ATTA bisa sebanyak itu subscribernya?

Jadi teringat di salah satu videonya om Deddy Corbuzier ada komentar yang cocok banget dengan pendapat gue tentang tantangan ngebangun channel YouTube.
Sorry yakk foto pertama bukan Om Ded, tau kan pasti siapa dia? Ridwan Hanif, sukses membangun Autonetmagz lalu ngebangun channel pribadi; malah lebih banyak subs-nya..

Gue ternyata reflek pakai "gue" untuk artikel ini. FYI, gue juga sering reflek pakai gua, aku, dan saya. Sepertinya sejak menulis judul; itu langsung auto set sih pikiran gue mau pakai istilah yang mana.

Om Ded pernah bikin video tentang.. intinya sih ngasih tau kalau ngebangun channel YouTube itu gak gampang.


Tapi saya justru malah mikir sebaliknya ketika dengerin fakta-fakta yang disampaikan om Ded.

Gak sesusah itu kok ngebangun channel YouTube, saya yakin itu.. walaupun Subscriber saya belum ada yang sampai seribu, hiks... (mungkin karena saya (kok jadi pake saya2an) gak berharap sampai juta-jutaan subs)

Ada satu UJIAN berat ketika ngebangun channel, dan itu bukan soal bikin content atau cari ide. Keduanya gak terlalu susah kok karena gak perlu perfect juga.

Yang gue rasain berat banget adalah ini;

NGEBACA KOMENTAR NEGATIF!

Termasuk ngeliyatin jumlah dislike yang kadang lebih banyak dari like, jarang sih ini terjadi.
Contoh... saya comot dari google aja yakk....

Gue udah beberapa kali "kemakan" omongan negatif komentator, yang akhirnya ngerugiin diri gue sendiri.

Di channel tsb, terakhir upload itu sekitar 8 bulan lalu, gila.. lama banget kan.

Sebenernya gak banyak kok komentar negatif. Yang betul2 nusuk hati itu selama ini cuma ada dua. Atau tiga paling banyak.

Tapi dua komentar itu sudah cukup bikin mental saya ambruk sesaat.

Video sampai saya edit, wah... sekarang sih malah nyesel yakk...

Yang komentar negatif cuma satu orang, yang positif puluhan orang, eh gue malah mengabaikan yang positif.

Kok gue bisa "kemakan?"

Karena yang dia katakan itu bukan cuma dia yang pernah ngomong.

Itu semacam tombol saklar untuk mengaktifkan trauma saya seketika.

Efek seriusnya adalah jadi agak berat buat upload-upload video baru.

Jadi deh, paling banyak sebulan cuma dapet subscriber 30 biji di channel tsb.

Sedikit bocoran;

Potensi subscribe dari beberapa channel saya; itu sekitar 400: 1 sampai 1000:1.

Artinya; setiap 400 views, ada satu yang subscribe. Sedangkan jika videonya gak pakai muka orang alias bersembunyi di balik kamera, itu sekitar 1000 views dapet 1 subscribe.

Jangan heran kalau Atta Halilintar bisa punya subscriber sebanyak itu padahal jumlah viewsnya biasa saja.

14 juta subscriber dengan jumlah views 1,2 milyar kurang.

Itu gak sampai 100 views dapat 1 subscriber.. gue salah satu yang subs, nonton videonya sih baru tiga-empat kali aja.


Caranya gimana biar dapat subs banyak macam Atta?

Ya, tiru saja Atta..

Yang pertama; PAMER muka!!

Gak peduli muka lu ganteng banget macam Andre, atau yang biasa aja kayak Sule. (asli gue bingung mau ngambil contohnya siapa)

Yang kedua; RAME!

Orang yang "rame" itu terlihat ENERGETIC, liat orang semangat bisa bikin kita ikutan.

Jadi langsung auto subs deh..

Apalagi Atta juga selalu menegaskan berkali-kali agar yang nonton subscribe karena subscribe itu gratis!!

Yang ketiga; BODO AMAT ama komentar negatif. Keep making video, keep uploading!!

Setidaknya itu cara biar CEPET dapet subs.

Kalau sekedar biar banyak SUBS sih gak harus sampai begitu.

Yang penting; RAJIN upload kalau karya kita biasa aja.

Kalau males upload, maka bikinlah video yang SUPER Dahsyat, gak perlu banyak video juga pasti bisa dapet ratusan ribu subs.

Cukup satu video viral, udah cukup buat berbulan-bulan.

Tentang judul "Apa rahasia Atta Halilintar main YouTube?"

Saya gak tau, kalau saya tau ya namanya bukan rahasia dong!!

Tapi setau saya sih, main YouTube itu gak ada rahasia2an. Semua metodenya banyak dijelasin baik oleh Youtuber2, ataupun oleh orang-orang Google sendiri.

Jadi, gak perlu aneh2 deh nyari cara dapet subs banyak.. Ikuti aja cara mainnya yakni; UPLOAD video cuyy.. Pelajari sedikit algorithm-nya.

Ngapain punya subs banyak dengan cara tuker subs tapi gak punya konten??

Video juga gak perlu bagus banget. Sering nemu kan channel-channel yang keliatannya biasa banget tapi subsnya sudah ratusan ribu bahkan lebih dari 1 juta..

Kadang saya terkejut terheran-heran, tapi mereka upload video itu rutin banget. Jadi.. ya wajar kalau subscribernya banyak!!

Oke cuyy... semoga menginspirasi...


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Tantangan berat ngebangun channel YouTube tu ini, apa rahasia ATTA bisa sebanyak itu subscribernya?"

Post a Comment

ads bawah