Ads

3 Pilihan Motor Matic Tercakep versi ELMUHA

Ada satu motor matic yang tiap saya lihat di jalan atau parkiran, pikiran langsung reflek seperti ingin mengambil HP lalu memotret. 

Saat ini memang ada banyak sekali pilihan motor matic mulai dari harga 16 jutaan rupiah hingga mendekati 100 juta. Itu baru yang kelas hingga 250cc saja ya, belum menyertakan moge matic.

Dan kebanyakan motor matic itu desainnya ya standar saja. Jauh dari kata menarik bagi saya karena saya memang lebih suka melihat motor jenis sport. Namun tentu saja kebanyakan motor matic yang desainnya biasa itu seperti memberikan tantangan untuk memilih motor matic mana yang paling cakep.

Bukan bagus ya, karena kalau kita pakai istilah bagus, itu akan lebih komplek bahasannya. Apakah mesinnya bagus? Apakah kualitas pengendaraannya bagus? Dan sebagainya.

Sedangkan kalau menggunakan istilah cakep, ya itu hanya sekedar desain body luarnya saja. 

Nah, sebenarnya saat ini ada sedikit sekali motor matic yang saya anggap cakep, keren, buat saya pribadi. 

Namun agar bisa menjangkau lebih banyak kalangan, saya akan ungkap juga motor matic keren lainnya meskipun tidak sampai bikin saya ingin memotretnya.

So, here it is...

1. Honda PCX160

Meskipun sudah cukup lama diluncurkan di Indonesia, ternyata hingga detik ini saya masih naksir abis. Belum bosen sama sekali. 

Honda motor, sukses mendesain PCX160 supaya terlihat elegan, ada sporty-nya juga, serta keliatan mevvah. Generasi sebelumnya dengan nama PCX150 sebenarnya tidak jelek juga, namun garis desainnya banyak yang sulit diterima, lihat saja lampu sein belakang dan headlight di depan, kurang modern.

Sedangkan PCX160 desain depannya modern banget, tegas dan tajam, sedangkan desain samping dan belakangnya juga sangat mudah disukai.

Itu desain. Untuk sektor lainnya juga PCX160 terbilang impresif dan memenuhi kebutuhan. Tangki BBM yang kapasitasnya banyak, bagasi luas, serta fitur-fitur penunjang yang fungsional. 

Harga Honda PCX160 saat ini mulai dari 31 juta kurang dikit untuk versi CBS. Tidak murah tapi melihat harga-harga motor yang udah semakin naik, rasanya banderol tersebut jadi masuk akal.

Soal specs dan fitur mungkin kalian bisa lihat halaman Kelebihan & Kekurangan PCX160 ini ya.

2. Honda Scoopy

Jujur sebenarnya mulai merasa biasa saja, tapi belum sampai tahap bosan sih. 

Dan jujur juga menurut saya desain Scoopy itu cakep banget. Memang ada beberapa garis desain yang saya tidak suka, misalnya lampu sein-nya. Tapi ya masih cukup bisa diterima lah.

Kekurangan yang saya tidak suka dari Scoopy adalah lantai dek yang menurut saya terlalu tinggi. Ini akibat peletakan aki di situ yang akhirnya jadi tebel lantainya. Mesin kurang agresif tapi sebenernya itu bagus karena jadi bisa dipakai siapa saja. 

Selebihnya, desain Scoopy menutup kekurangan yang minim itu. 

Nah sebenernya yang lebih cantik dari Scoopy banyak ya, misal dari Brand Piaggio atau Vespa, Benelli, atau lainnya yang asal Eropa. 

Tapi hingga detik ini saya belum kepingin untuk membeli salah satunya. Ya masih setia dengan brand Jepang mungkin.

#. Honda Vario 160 & ADV150


Keduanya sebenernya cakep, hanya saja tidak sampai bikin saya ingin keluarin HP untuk mendokumentasikan. Ya relatif masih atau sudah biasa saja. Untuk Vario 160, dua warna tercakep itu putih dan hitam doff ya buat saya. Sudut terbaik adalah dari pojok belakang. Buritan Vario 160 adalah yang tercakep, yang kurang enak adalah di bagian depan samping. Begitu juga ADV150, desain depan samping yang sedikit mengurangi kecakepannya. Desain samping ke belakang sih sudah terbilang cakep banget, apalagi lampu belakangnya, macho sekaligus modern.

#. Yamaha XMAX & Aerox

Keduanya juga cakep tapi tidak sampai bikin saya kesengsem. Aerox sejak awal digadang-gadang sebagai motor matic sporty, lihat saja jok belakang yang menyempit ala-ala motor sport. Dibanding Aerox terbaru generasi terakhir yang dibikin lebih kalem, saya pribadi lebih menyukai Aerox sebelum ganti wajah. Sedangkan XMAX, sebenarnya motor ini desainnya sudah tidak perlu perbaikan, namun mungkin akibat sudah berumur saja sehingga sudah cukup membosankan. Kabarnya sih XMAX ini termasuk dalam agenda update ke depan oleh Yamaha. Namun karena ini motor global, tentu harus nunggu persetujuan Yamaha pusatnya ya.

3. Yamaha Fazzio

Yes, ini adalah pesaing Scoopy. Menurut saya desain Fazzio ini lebih seger dan lebih menarik ya karena desainnya yang lebih retro dari Scoopy.

Memang desainnya mungkin agak terlalu retro, namun secara keseluruhan, motor matic terbarunya Yamaha ini cakep sih. Fiturnya juga menarik. Apalagi ada sistem Hybrid-nya. Bagasi dan tangki BBM yang lebih luas dari rivalnya juga menambah nilai lebih pada Yamaha Fazzio. 

Untuk segmentasi yang dibidik oleh Yamaha Fazzio, menurut saya motor matic ini sudah berada di jalur yang benar.

# Motor Matic Eropa

Ya saya tidak menampik semua motor matic asal Eropa itu cakep-cakep. Dan meskipun bukan matic besar, namun berkat perhitungan desain yang niat, bagasi motor bisa sangat luas untuk ukuran motor yang biasa saja. 

Benelli Panarea

Bahkan matic murah dari Eropa seperti Benelli Panarea juga sudah lebih cakep dibanding Honda Scoopy. Apalagi yang berharga lebih mahal seperti Vespa Primavera, dan lain sebagainya.

Namun seperti saya katakan di awal, saat ini ada satu motor yang menurut saya enak banget dipandang dari depan, samping, dan belakang. Garis desainnya anggun banget, dan itu adalah Honda PCX160. 

Bagaimana dengan rivalnya; Yamaha NMax? NMax tidak bisa disangkal juga bahwa desainnya manis dan menunjukkan kesan elegan dan mewah. Namun karakternya tidak sekuat NMax yang lama. Tidak heran jika banyak orang yang lebih menyukai NMax generasi lama dibanding yang baru. 

Lalu gimana dengan motor matic 250cc dari Honda. Ya sama seperti XMAX, desain Forza sebenarnya keren banget, modern, namun garis desainnya kurang mengalir saja. 

Jadi kesimpulannya, motor matic Jepang saat ini yang menurut saya pribadi keren adalah Honda PCX160, Honda Scoopy, dan Yamaha Fazzio. Gimana menurut kalian?



Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "3 Pilihan Motor Matic Tercakep versi ELMUHA"

Post a Comment

ads bawah