Ads

Bansos yang dibagikan Pemerintah 2022

 

Sesuai dengan janji saya, pada artikel ini saya akan mengulas dan membagikan sedikit informasi yang saya rangkum mengenai Bantuan Sosial Pemerintah di tahun 2022.

Saya pikir pemerintah sedang mencoba berkomitmen untuk tetap membantu taraf hidup rakyatnya melalui Bansos. Makanya di tahun 2022 ini ada beberapa jenis Bansos yang di lanjutkan kembali pelaksanaannya.

Memang yah Bansos ini banyak polemiknya, tetapi mari kita abaikan saja dan lanjut fokus ke hal yang positif saja, okey.


 


Jenis Bansos yang Cair di 2022


Berdasarkan hasil pengamatan Saya, Ada banyak jenis Bansos yang akan cair di tahun 2022.

Mungkin kalian juga bisa mendapatkan salah satunya di tahun 2022 ini. Saya pun berharap tahun ini saya bisa dapat Bansos juga hehe =D

Masing-masing Bansos memiliki kriteria sendiri-sendiri.

Dibawah ini Saya sharing mengenai penjelasan dari bansos Kartu Prakerja, BLT Dana Desa, PKH, dan Sembako/BPNT


Langsung aja kalian simak di bawah ini ya

 

1.     Bansos Kartu PraKerja

Seperti namanya, umumnya Bansos Kartu Prakerja ini adalah Bansos yang di peruntukan bagi orang pencari kerja.

Banyak masyarakat yang berlomba untuk mendapatkan Bansos ini. Bahkan per April 2022 akan di buka lagi pendaftaran Gelombang 24 nya.

Tapi wajib kalian ketahui bahwa ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi oleh pendaftar agar berhasil.

Berikut syarat Bansos Kartu Prakerja

·         * Merupakan WNI minimal berusia 18 tahun

·         * Tidak sedang menempuh pendidikan perguruan tinggi

·       *   Warga yang sedang mencari pekerjaan, belum mendapatkan pekerjaan

·         * Warga yang terkena dampak PHK

·         * Warga pelaku UMKM (wirausaha)

·         * Belum meneriman bantuan dana Bansos dari program lain

·         * Bukan merupakan bagian dari aparatur negara (Polri/TNI)

·         * Bukan merupakan anggota ASN

Itulah beberapa syarat untuk bisa mendaftar Bansos Kartu Prakerja Gelombang 24 mendatang. Dalam Program Kartu Prakerja, dalam satu keluarga (KK) hanya di perbolehkan mendaftar sebanyak 2 orang.

Untuk info lebih jelasnya bisa klik di sini ya teman.

 




  

2.     Bansos BLT (Bantuan Langsung Tunai)

Selain itu ada juga Bansos BLT (Bantuan Langsung Tunai) Dana Desa adalah merupakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat Indonesia di masa pandemi.

Tujuan di jalankan bantuan ini adalah agar ekonomi yang terpuruk akibat pandemi bisa pulih kembali.

Berdasarkan pengamatan saya, bantuan ini sudah ada sejak awal pandemi, yaitu sekitar tahun 2020 dengan dana anggaran dari pemerintah yang cukup besar sekitar Rp 23,74 Triliun.

Pada Program Bansos ini, info yang Saya terima mengatakan bahwa per orang akan menerima bantuan dana sebesar Rp. 200.000 per bulan dalam setahun dan di berikan dalam 4 tahapan setiap per 3 bulan.

 BLT ini diperuntukan untuk para petani, nelayan, pelaku UMKM, pedagang, Guru dan buruh.

Untuk info lebih jelasnya bisa klik di sini ya teman. 

 


 

3.     Bansos PKH (Program Keluarga Harapan)

Berdasarkan hasil pantauan saya, Bansos yang paling popular adalan Bansos PKH ini.

Program Keluarga Harapan (PKH) sudah dimulai bertahun-tahun yang lalu, sekitar tahun 2007. Bahkan pemerintah meng-klaim bahwa PKH sudah mampu menurunkan kemiskinan jutaan masyarakat Indonesia.

Bansos PKH 2022 diberikan kepada ibu hamil, lanjut usia, dan keluarga yang memiliki anak yang masih bersekolah atau usia dini. Dalam satu keluarga (KK) hanya boleh mendaftar maksimal 4 orang saja.

 Tetapi jumlah dana bantuan tetap yang diberikan oleh setiap keluarga juga berbeda-beda.

Untuk keluarga dengan ibu hamil, anak usia dini, lanjut usia, dan disabilitas berat akan mendapatkan total Rp 2.400.000 untuk 1 tahun

Untuk Anak SD akan mendapatkan Rp 900.000, Anak SMP akan mendapatkan Rp 1.500.000 dan Anak SMA akan mendapatkan Rp 2.000.000 setiap orang.

Semua ini total untuk dana bantuan selama setahun, jadi jumlahnya di bagi 12 ya.



 4.     Bansos Sembako / BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai)

Beberapa kali Saya turun langsung ke lapangan dan mendapati bahwa Bansos Sambako ini sangat popular di kalangan para Ibu.  Bansos Sembako ini bisa di bilang cukup unik. Karena Dana Bantuan yang di berikan di dalam sebuah atm hanya bisa digunakan untuk membeli keperluan Sembako dan kebutuhan pokok lainnya (seperti telur, beras, dll).

Untuk mendapatkan Bansos Sembako ini tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Syaratnya masih sama secara umum seperti diatas. Yaitu merupakan WNI, merupakan warga miskin atau rentan miskin, bukan anggota TNI/Polri/PNS dan bukan pegawai BUMN.

Untuk detail info lengkapnya bisa teman klik di  bawah ini:



Epilog

Itulah beberapa jenis Bantuan Sosial yang akan cair di tahun 2022.

Untuk syarat dan cara mendaftar, teman-teman bisa klik di link yang sudah saya tautkan di atas untuk mempermudah teman-teman.

Satu hal yang mesti teman-teman ingat adalah, bahwa berharap lebih kepada pemerintah tentu bisa saja mendatangkan kekecewaan.

Tetapi Saya berkata kepada diri sendiri bahwa, yang sudah berusaha dan mendaftar saja bisa tidak dapat – apalagi jika saya tidak melakukan apapun atau bahkan hanya untuk mencoba mendaftar saja.

Jadi Saya pribadi menganggap bahwa semua yang saya akan lakukan dan sudah lakukan, adalah salah satu bentuk ikhtiar saya untuk mendapatkan yang lebih baik.

Sama seperti saya bersusah payah survey lapangan dan menyusun beberapa artikel mengenai Bansos ini. Semata-mata saya hanya ingin berbagi manfaat dan hanya ini yang saya bisa lakukan untuk membantu teman-teman di luar sana

 

Anyway, kali ini saya menulis panjang sekali deh dan ini sangat jarang hehe =D

Tapi tidak mengapa asal bisa berbagi manfaat.

Untuk teman-teman diluar sana, jangan patah semangat karena setiap masalah pasti akan belalu juga bersama dengan waktu. Gambatte kudasai.



Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Bansos yang dibagikan Pemerintah 2022"

Post a Comment

ads bawah