Ads

Sharing tentang Bansos 2022: Bantuan untuk yang terdampak Pandemi

Kalian pernah gak merasa kesusahan saat pandemi mulai melanda negeri kita?

Lalu apa yang kalian lakukan saat kalian susah di masa pandemi ini?

Dimana banyak teman dan keluarga, atau bahkan orang yang gak kita kenal kehilangan pekerjaannya atau bahkan kehilangan sumber mata pencahariannya (misal pedagang yang tutup). =(

Sedih banget setiap mendengar sampai ada keluarga yang bahkan untuk makan hari ini saja masih bingung.

 

Tapi yah, saya pun tak mempunyai daya untuk menolong mereka. Bahkan teman-teman yang saya kenal pun tidak bisa Saya tolong karena ketidak mampuan Saya .

Tetapi di saat banyak masyarakat yang kesusahan, Saya masih merasakan sedikit kelegaan. Bahwa Pemerintah ternyata masih peduli kepada rakyatnya. Peduli dengan memberikan beberapa dana bantuan untuk masyarakat. Alhamdulillah.

 

Jujur saya bukan orang yang pro dengan pemerintah. 

Tetapi saat banyak tetangga saya yang di angkut ke rumah sakit karena tertular virus Covid-19, dan mereka bisa mendapatkan perawatan yang cukup layak tanpa di pungut bayaran sepersen pun. Di situ Saya merasa bahwa pemerintah minimal masih punya sedikit hati untuk rakyatnya.

 

Sama seperti awal tahun 2022 ini, saya lihat kehebohan karena Pemerintah akan memberikan Bantuan Sosial dari masyarakat.

Mendengar informasi ini, tentunya masyarakat langsung heboh dan pastinya ingin mendapatkan dana Bansos tersebut. Itu hal yang sangat lumrah dan wajar menurut Saya.

Dari informasi yang saya kumpulkan, katanya ada beberapa jenis bansos yang akan cair untuk masyarakat.

 

Setelah mencari tahu dan menghimpun berbagai informasi, berikut Saya sharing sedikit informasi mengenai Bantuan Sosial (Bansos) Pemerintah yang akan di cairkan di tahun 2022 ini.

Apakah saya salah satunya yang termasuk dalam penerima Bansos 2022?

Jawabannya adalah Saya juga tidak tahu J

Tetapi ada juga beberapa tetangga yang mendapatkan bantuan dana tunai Bansos, sesuai dengan persyaratan  yang berlaku.

Jadi menurut Saya, Bansos ini juga patut di coba. Yang penting kita sudah berikhtiar dan berdoa maksimal. Sisanya kita serahkan ke Allah yang Maha Kaya. =)

 



Apa sih Bansos itu? Dan Siapa sajakah Penerima Bansos?

Berdasarkan informasi yang saya himpun, Bansos sebeneranya tidak bisa di dapatkan begitu saja oleh seluruh warga Indonesia. Dan hanya orang-orang tertentu yang memenuhi syarat saja yang bisa menerima Bansos.

Orang yang berhak menerima bansos adalah orang yang kurang mampu, penduduk yang rentan (maaf) miskin, bukan merupakan anggota Polri atau TNI, bukan merupakan PNS dan harus Warga Negara Indonesia tentunya.

Nah, pada awal tahun 2022 ini, ada beberapa jenis Bansos yang akan di keluarkan oleh Pemerintah. Sependek pengetahuan saya, Bansos ini sendiri memiliki beberapa jenis dan bentuk bantuan kepada masyarakat.

Tetapi pernah juga ada Bansos yang berbentuk subsidi : seperti subsidi upah, kuota internet (biasanya untuk Guru dan anak sekolah), potongan biaya listrik, dan beberapa lainnya yang saya kurang tahu tepatnya.  

 


Jenis Bansos yang akan dibagikan oleh Pemerintah di tahun 2022.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis bansos yang di programkan oleh pemerintah.

Tetapi menurut saya pribadi, hanya beberapa saja yang berdampak langsung kepada masyarakat yang membutuhkan di seluruh Indonesia.

Mengapa? Karena ada beberapa jenis bansos yang hanya berlaku di daerah tententu.

Contohnya adalah Bantuan Sosial Tunai (BST) yang hanya berlaku di DKI Jakarta dan Bandung. Yang mana anggaran yang di gunakan adalah anggaran APBD dari kedua kota itu sendiri.


Sedangkan Bantuan Sosial dari Pemerintah untuk masyarakat Indonesia di tahun 2022 ini ada beberapa, yaitu :

1.       Bansos PKH

2.       Bansos Sembako / BPNT

3.       Bansos Prakerja

4.       BLT Dana Desa

Berdasarkan pengamatan saya, Bansos Sembako/BPNT dan PKH adalah bantuan yang paling banyak di bagikan kepada masyarakat Indonesia.

 

Untuk mendapatkan Bantuan Sosial ini, tentunya ada beberapa syarat dan prosedur yang harus di penuhi oleh warga calon penerima Bansos.

 

Tetapi penjelasannya saya lanjut di artikel selanjutnya ya.

Jangan sampai kelewatan ya teman. Salam dan Keep Fighting!








 



Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Sharing tentang Bansos 2022: Bantuan untuk yang terdampak Pandemi"

Post a Comment

ads bawah