Ads

Jalan itu PASTI ADA ketika saya yakin akan DIBANTU ALLAH

Dari cerita-cerita masalah yang saya alami, ada satu hal lagi yang belum saya sampaikan. Ini nih, kenapa kita emang harus jeli ya dalam memandang sisi positif dari berbagai kejadian.

Misalnya dalam kasus saya selama beberapa bulan bahkan sudah beberapa tahun terakhir ya. Ada satu hal yang saya belum ceritakan secara public di internet

Kalau cerita ke teman atau saudara sih udah, satu-dua orang saja memang. 

Jadi ada satu rahasia yang bikin saya justru semakin kuat imannya ketika sedang dilanda masalah.

Tau gak kalian bahwa salah satu alasan kenapa kita "gak boleh" miskin adalah karena MISKIN emang deket banget dengan KEKUFURAN.

Misal gak kufur yang keluar dari Agama Allah, ya kufur karena melakukan dosa-dosa yang jelas dilarang Allah. 

Intinya, orang miskin itu rentan untuk digoda syaiton lalu akhirnya melakukan hal-hal yang terlarang.

Nah, saya gak menampik itu.

Masalah-masalah yang melanda saya, walaupun sebenernya masalah itu sebagian besar adalah hasil dari keputusan saya, harus saya akui bahwa itu merubah sudut pandang.

Walaupun banyak yang positif, seperti dalam judul posting ini, namun sesekali bahkan beberapa kali saya itu tergoda ya untuk melakukan hal-hal yang ekstrim. Ya, seriusan. 

Makanya, jujur juga bahwa saya jadi melihat orang-orang yang berbuat kriminal itu tidak seekstrim dulu. Kalau dulu kan saya seakan tidak bisa menerima sama sekali, kok bisa gitu loh orang mengambil hak orang lain dengan paksa. 

Tapi sekarang beda, saya jadi lebih apa ya, maklum. 

Saya jadi lebih mudah memahami perilaku orang lain yang tidak sesuai dengan seharusnya. 

Ya karena saya mengalami sendiri, ketika kita terhimpit, itu aduh godaannya emang bermunculan. Syaiton-syaiton langsung kerja rodi siang-malam berganti shift, buat godain kita agar melakukan seperti rayuan-rayuan mereka itu.

Jadi, jika saya yang pondasi ilmu agamanya sangat kuat saja kadang terpikir kok. Apalagi mereka yang pondasi ilmu agamanya biasa-biasa aja, alias pas-pasan. Ini saya gak lagi menyombong ya, ngomongin fakta aja bahwa saya belajar agama dari sebelum sekolah SD bahkan. Sampai SMA. Ya lama lah pokoknya ya..

Makanya saya malah malu juga kadang, orang agamanya udah dididik dari kecil kok bisa-bisanya punya pikiran yang kadang ekstrim begitu.

Ya namanya juga kepepet pak!

Godaan akhirnya tiba-tiba muncul aja gitu.

Nah, tapi di balik hal negatif itu semua, ternyata ada satu nih yang luar biasa indah. Yang saya alami akibat adanya masalah-masalah yang melanda.

KEIMANAN!

Ya, justru sebaliknya ya, saya malah kok ngerasa semakin kuat dibanding sebelum dilanda masalah.

Karena dulu cuma teori, tapi sekarang saya udah masuk periode praktek nih.

Beneran langsung dirasain, bahwa jika kita berharap dan yakin kepada Allah, insyaAllah pasti dikabulkan permintaan kita.

Eh beneran. Saya udah gak tau berapa kali karena sering banget, itu bisa terselesaikan masalahnya dengan cara YAKIN PASTI DIBANTU ALLAH untuk menyelesaikan masalah yang memang TERLALU BESAR buat saya.

Allah tidak membebani makhlukNya di luar kemampuan, ya kan.

Tapi gimana kalau kita ngerasa bahwa masalah yang datang itu terlalu berat? Ya caranya mudah ya kan, MINTALAH BANTUAN.

Jika minta bantuan kepada sesama manusia terlalu sulit, entah karena malu atau karena gengsi. Atau bisa juga karena sudah terlalu sering meminta bantuan. Maka, MINTA BANTUAN KEPADA ALLAH adalah satu jalan yang sungguh mudah.

Namun cara ini sedikit tricky. Salah-salah bisa bahaya..

Gimana maksudnya?

Ya, SYARAT DO'A agar TERKABUL itu adalah kita harus yakin 100% bahwa doa kita pasti akan diterima. 

Allah seperti yang kita sangkakan kepadaNya. Maka, sangkalah bahwa ALLAH akan membantu kita menyelesaikan masalah kita. YAKINLAH bahwa ALLAH akan mengabulkan harapan dan permintaan kita.

Aduh beneran, saya udah ngalami berkali-kali. Bahwa ketika saya menyerahkan kepada Allah, sambil TETAP BERUSAHA ya, Alhamdulillah ya ada aja jalannya. 

Jalan yang tersedia ini tidak selalu yang keren banget atau gimana lah. Karena saya hanya memohon, bukakan jalan. Ya selagi ada jalan, itu bagi saya sudah Wow sekali. Alhamdulillah.

Tapi inget ya! HARUS TETAP BERUSAHA. 

Kenapa sih emang?

Ya karena kalau gak ada usaha, media untuk menolong kitanya itu gak ada.

Contoh begini;

Kalian berdo'a kepada Allah untuk diberi kekayaan melimpah yang barokah. Tapi kalian gak melakukan apa-apa. Lalu gimana kekayaan itu akan Allah berikan ke kalian???

Maka, ya bergeraklah lakukan sesuatu. Misalnya buka warung, buka toko, buka usaha, jual jasa, dsb. InsyaAllah jika ada media untuk menyalurkan rejeki dari Allah ke kita, itu bisa lebih mudah dan lancar.

Dalam kata lain, kita cuma perlu BERUSAHA, lalu berdo'a kepada Allah, sisanya biarkan ALLAH yang ATUR!

Melatih positive thinking ini gak mudah ya.

Banyak orang yang berdo'a tapi gak yakin 100% bahwa do'anya akan dikabulkan. Ya jadinya gak terkabul dong?!

Makanya, YAKINLAH!!!

Nah, saya memiliki pikiran positif saat melakukan pengharapan dan permintaan kepada Allah itu ya sejak saya mendapatkan ujian-ujian dan masalah. Karena di situ saya yakin betul, kalau gak dibantu kekuasaan Allah, saya gak sanggup. Karena itu, bantulah saya Ya Allah.. Bahkan saya gak mengucapkan permintaan, gak melafalkan do'a.

Ya saya meminta dalam hati. Allah Maha Tahu. Saya berharap dengan sungguh-sungguh.

Alhamdulillah, entah sudah berapa kali saya akhirnya selalu menemukan jalan. 

Karena itulah, saya tidak bisa menyesali kesalahan dalam keputusan saya, karena dalam gelap ini, ternyata muncul cahaya yang terang. Bagaimana saya bisa menyesali ya kan. Saya justru mendapatkan sekali mindset baru yang saya yakin lebih baik dibanding katakanlah 2 tahun yang lalu.

Tentu saja saya belum menjadi manusia yang ideal. Banyak amal baik dan sedikit amal buruk. 

BELUM!!! Saya masih banyak dosa dan kesalahan serta kekurangan. Tapi jiwa saya saat ini lebih adem karena merasa dekat sekali dengan Allah Yang Maha Pengasih dan Pemurah. 

Alhamdulillah..



Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Jalan itu PASTI ADA ketika saya yakin akan DIBANTU ALLAH"

Post a Comment

ads bawah